Gerbang Pariwisata 126 Balikpapan Tawarkan Harga Kepiting 126 Rupiah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Gerbang Pariwisata 126 dan Festival Kepiting Nusantara dalam rangka Hari Jadi ke 126 Kota Balikpapan menawarkan harga kepiting 126 rupiah menggunakan QRIS.

Pengunjung E walk dapat merasakan kepiting olahan dari peserta lomba dengan harga 126 rupiah di stand olahan kepiting dengan pembayaran digital.

Gerbang Pariwisata ini dibuka resmi Kepala Dinas Pemuda, Pariwisata Olahraga, Ratih Kusuma mewakili wali kota, di E Walk, BSb, Balikpapan, Sabtu (4/3)2024) siang.

Mewakili Wali Kota, Kepala Disporapar Balikpapan Ratih Kusuma mengatakan pemerintah kota menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia, panitia, yang menggagas program Gerbang Pariwisata ini.

” Program ini diharapkan menjadi instrumen strategis dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata yang akan menjadi tumpuan daerah secara berkelanjutan, ” katanya.

Semakin terkendali covid, memberikan dampak pulihnya berbagai sektor ekonomi termasuk sektor pariwisata. Diantaranya sektor pariwisata Balikpapan yang juga memberikan dampak positif. ” Dari kinerja pariwisata Balikpapan Pada 2022 ditargetkan PAD 117 miliar namun realisasi mencapai 187 miliar, ” ungkapnya.

” Patut diapresiasi pula dengan dukungan program Gerbang Pariwisata, saya optimis kinerja pariwisata kita semakin baik, disertai upaya konsisten untuk membangun sarana penunjang dan kualitas SDM pariwisata termasuk dengan memberdayakan pokdarwis dan kalangan UMKM, ” bebernya.

Hadir saat pembukaan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenpar Ekraf Rizki Handayani, Deputi Bidang pengendalian Pembangunan Otorita IKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, Kepala perwakilan BI kaltim Ricky Perdana Gozali, Kepala Perwakilan Kantor BI Balikpapan Bambang Setyo Pambudi, Ketua Umum Panitia Hut Kota Yudhi Saharuddin, pengusaha kepiting Rudi Dandito, Dosen Pariwisata Poltekba Syahrul Karim. Hadir juga 7 pelaku usaha restoran yang menyajikan olahan kepiting.

Baca juga ini :  Malaysia Airlines Bakal Buka Penerbangan Dua Kali Sepekan ke Balikpapan, 40 Maskapai Internasional akan Kunjungi IKN

Pembukaan Gerbang Pariwisata ini sekaligus mengumumkan pemenangan produk olahan kepiting yang diikuti 90 pelaku UMKM dari Balikpapan. Kompetisi dimulai tanggal 6- 27 Februari 2023.

Panitia pengumuman Juara 1 Dewi Kusumayati dengan produk kue kering rasa kepiting, Juara 2 erny Rufiaty Kukis Batik Rasa Kepiting dan juara 3 Adelia Rohani dengan produk olahan Pempek Kepiting Titiknol, serta juara favorit jatuh kepada Andika Nikita Sari dengan produk Swirl crab.

Gerbang Pariwisata 126 Balikpapan juga dirangkai dengan Talkshow Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Balikpapan menyambut IKN yang dipandu Syahrul Karim Dosen Pariwisata Poltekba.

Sejumlah obyek wisata balikpapan yang dapat dikunjungi warga Balikpapan dan juga wisatawan yakni pantai Manggar, pantai Lamaru, susur Teluk Balikpapan, wisata wana Bambu km 15.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.