Hadiri Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Hadapi Idul Fitri 1443 H, Ini Kata Kapolda Kaltim

Samarinda – Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 di Provinsi Kaltim, berlangsung di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa (19/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda menjelaskan rakor lintas sektoral pada hari ini dihadiri oleh Gubernur Kaltim, Danrem 091/ASM, Kepala BNPB Kaltim, Kepala Daerah Kabupaten/Kota dan seluruh Kapolres jajaran.

“Tadi kita sudah melakukan rapat bersama untuk melakukan langkah-langkah kita dalam mengatasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang menyebabkan kerumunan dan keramaian pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H”. ucap Kapolda.

Lanjutnya, diadakannya acara ini memang dikaitkan dengan bulan suci Ramadhan dan kalau sudah dimasa bulan suci Ramadhan kita sudah harus menyiapkan operasi pengamanan yang diadakan tiap tahunnya yaitu Operasi ketupat, yang tergabung dari beberapa instansi.

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat serta langkah-langkah instansi terkait dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri ditengah masih adanya Pandemi Covid-19 di Kalimantan Timur, terutama diperuntukan pada Masa Arus Mudik dan Masa Arus Balik, ujar Kapolda.


Demi semakin meyakinkan masyarakat memiliki kekebalan atau imunitas terhadap Covid-19 saat mudik Lebaran, Kapolda meminta kepada seluruh jajarannya di wilayah Kaltim mengoptimalkan pelaksanaan akselerasi percepatan vaksinasi booster.

Kapolda juga mengingatkan soal percepatan melakukan vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia (lansia). Mengingat, masyarakat yang mudik ke lokasi tujuan akan mengunjungi keluarga dan orangtuanya di kampung halamannya.

Lebih dalam, Kapolda mengungkapkan bahwa, dalam memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat saat mudik, kepolisian akan mendirikan tiga pos, yakni pengamanan, pelayanan dan terpadu. Selain memastikan keamanan, pos tersebut juga bertugas melakukan skrining kepada para pemudik yang belum mendapatkan kelengkapan vaksin.

Baca juga ini :  Cabut Bai'at Massal mantan anggota NII di Dharmasraya, Kadensus 88 AT Polri: Jumlah Paling Besar hari ini yang Dilakukan

Sebagai penutup, tak lupa, Kapolda kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap melakukan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketika melakukan perjalanan arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun ini.

Humas Polda Kaltim

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.