Presiden jokowi, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo foto bareng / Sekretariat Presiden

Hasil Survei SMRC, Ganjar Pranowo Unggul Pada Pemilih Kritis  

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hasil survey terbaru Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, Ganjar Pranowo meraih dukungan tertinggi pada pemilih kritis.

Dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com, Direktur Riset SMRC Deni Irvani melalui keterangan resmi, Senin (5/6/2023), mengatakan, Ganjar unggul dengan meraih dukungan sekitar 37,9 persen.

“Di kalangan pemilih kritis, dukungan pada Anies Baswedan 19,2 persen, Prabowo Subianto 33,5 persen, dan Ganjar Pranowo 37,9 persen,” ujarnya.

Deni menerangkan bahwa selisih suara Ganjar dengan Prabowo tidak begitu jauh secara statistik karena kurang dari dua kali batas kesalahan atau margin of error yakni sebesar 3,3 persen.

“Sementara suara Anies berbeda signifikan dengan kedua bakal calon presiden lainnya,” ujarnya.

Deni menjelaskan, dalam enam bulan terakhir, kesukaan pemilih kepada Anies cenderung makin lemah. “Sementara Ganjar dan Prabowo terus bersaing ketat dengan dukungan yang relatif seimbang,” terangnya.

Pemilih kritis ialah pemilih yang memiliki akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik lantaran mereka memiliki ponsel sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial dan politik.

Umumnya mereka adalah pemilih kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan dan cenderung tinggal di perkotaan.

Survei kali ini digelar pada 30-31 Mei 2023 dengan sampel sebanyak 909 responden. Mereka dipilih melalui proses pembangkitkan nomor telepon secara acak. Batas kesalahan atau margin of error survei diperkirakan kurang lebih 3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Comments

comments

Baca juga ini :  Nasdem Usung Anies Baswedan, Fadli Zon : Mungkin untuk Mendapatkan Efek Ekor Jas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.