Komkes Pol YUstan Apiani

Hewan Kurban Layak Dijual Dipasangi Stiker

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha, Polda Kaltim dan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DPPP) Kota Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah penjual hewan kurban, Rabu Sore (15/8/2018).

Direktur Reskrimsus Polda Kaltim Kombes Pol Yustan Alpiani mengatakan, hal itu untuk memastikan hewan kurban kualitasnya memang layak untuk dijual. Usai memastikan hewan kurban layak dijual kemudian dipasang stiker pada hewan kurban.

“Secara fisik, dinyatakan bagus. Kandangnya juga layak, dalam keadaan teduh juga bersih tidak ada masalah. DPPP juga tentunya juga memeriksa lebih detail, dan saat pemotongan mereka juga akan datangi lagi,” ujar Yustan.

Menurutnya, sidak maupun pemeriksaan hewan kurban yang akan dijual itu akan dilakukan hingga satu pecan depan atau satu hari sebelum sebelum Hari Raya Idul Adha.

“Sampai H-1 ataupun saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban maka dinas terkait terus melakukan pemeriksaan,” ujarnya

Sementara Kepala Bidang Kehewanan dan Peternakan DPPP Kota Balikpapan Noorlenawati mengungkapkan, dari hasil sidak yang dilakukan secara umum hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat.

“Dari data kami ada sekitar 20-an lebih penjual dan peternak. Dan kurang lebih sebanyak 18 tempat sudah kita lakukan pemeriksaan. Di tahap sekitar satu bulan menuju lebaran ini kita intens lakukan pemeriksaan kesehatan hingga H-1 lebaran nanti,” ujar Noorlenawati

Dia menambahkan, dalam tiga tahun terakhir, kebutuhan hewan kurban, khususnya sapi sebanyak 3.000-an ekor. Sedangkan untuk kambing sebanyak 400 ekor hingga 500 ekor.

Comments

comments

Baca juga ini :  Meski Sejumlah Kantor OPD Tutup, Wali Kota Pastikan Pelayanan Tetap Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.