Sandiaga Uno

Hingga Akhir 2023, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Ditargetkan 11 Juta  

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Kunjungan wisatawan mancanegara hingga Oktober 2023 mencapai hampir 9,5 juta. Angka tersebut jauh di atas target sebesar 8,5 juta.

“Mudah-mudahan kita bisa mencapai target di atas 11 juta kunjungan wisatawan di akhir tahun 2023,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam siaran persnya.

Sementara itu untuk nilai devisa pariwisata hingga September 2023 tercatat 10,46 miliar dolar AS dengan kontribusi produk Domestik Bruto (PDB) PDB pariwisata diperkirakan mencapai angka 3,8 persen,

Nilai tambah ekonomi kreatif (ekraf) sebesar Rp1.050 triliun, nilai ekspor ekraf sebesar 17,38 miliar dolar AS, dan jumlah pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 688,78 juta perjalanan hingga Oktober 2023.

Jumlah pergerakan wisatawan nusantara ini telah melampui pergerakan di tahun 2019 atau sebelum pandemi yang menunjukkan bahwa pariwisata Indonesia telah pulih dengan sangat kuat.

Capaian-capaian tersebut berdampak pada masyarakat parekraf mendapatkan lapangan kerja kembali. Tercatat jumlah tenaga kerja pariwisata hampir 22 juta dan jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif sebesar 24,3 juta.

“Adanya irisan lapangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif maka jumlahnya sudah 38 juta rakyat Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya

Laporan TTDI terbaru dari World Economic Forum, menempatkan Indonesia naik 12 peringkat menjadi posisi 32 di atas Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Comments

comments

Baca juga ini :  KPK Usut Dugaan Sejumlah Uang dari Kas BUMD Masuk ke Kantong Bupati Nonaktif PPU AGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.