Ini Enam Pekerjaan Penanganan Banjir DAS Ampal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud resmi meluncurkan proyek multiyear penanganan banjir di DAS Ampal,  di global Sport, Balikpapan, Senin (5/9/2022).

Peluncuran ditandai dengan doa bersama, penyematan APD petugas jasa kontruksi dari dua PT yang telibat dalam pembangunan yakni PT Yodya Karya dan PT Fahreza Duta Perkasa. Selain itu wali kota didampingi Ketua DPRD, Muspida, Kadis PU Balikpapan melakukan pemecahan kendi di atas  cetakan drainse.

Dalam proyek multiyear 2022- 2023 ini dialokaskan anggaran Rp136 miliar selama dua tahun. Kepala dinas PU Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli menyebut Ada 6 titik pengerjaan yakni :

Pekerjaan pembuatan gorong-gorong di badan jalan MT Haryono depan Global Sport dan peninggian badan jalan setinggi dua meter hingga arah turunan jalan sepanjang 200 meter.

Pekerjaan saluran outlet gorong-gorong depan global sport hingga ke arah masjid Ishlahul Ummah sepanjang 715 meter.

Pekerjaan saluran Sekunder Balikpapan Baru, segmen 1 sepanjang 325 meter dari Jembatan beller sampai Pelita Jaya Motor.

Pekerjaan saluran Sekunder Inhutani  yakni  saluran selebar 7 meter dari depan hotel Hemra dahulu Herly hingga depan Pegadaian sepanjang 675 meter. Kemudian pelebaran saluran 5 meter sepanjang 225 meter dari depan Pegadaian hingga jalan masuk Auto 2000.

Pekerjaan pembongkaran dan pengangkatan sisa abutment (benton dan sedimen) di bawah jembatan PDAM Dam.

Pekerjaan pembongkaran dan pengangkatan sisa abutment  di bawah jembatan depan hotel Zurich.

Nama pekerjaan dari enam titik ini  yakni pembangunan bangunan air pengendali banjir DAS Ampal dengan penyedia jasa kontruksi dari PT Fahreza, dengan nomor kontrak 138.10/1/03.06.2.01.05-1/A1/VIII/2022DAS AMPAL.

Sedangkan penyedian jasa kontruksi MK dilakukan PT Yodya Karya dengan nomor kontrak 032.1/1.03.06.2.01.05-2/A1/II/2022/MK DAS AMPAL

Baca juga ini :  3 Tahun RDDB Bantu Ketersediaan Darah di PMI Balikpapan

“Sumber dana dari APBD kota Balikpapan tahun 2022-2023. Masa pelaksanaan kontruksi 518 hari dan masa pemeliharaan 360 hari kalender,” ujarnya.

“Kami mohon doa dan dukungan untuk pekerjaan pengendalain banjir di DAS Ampal. terimakasih kepada wali kota, ketua DPRD dan pimpinan Muspida kota Balikpapan serta semua stakeholder yang ada,” harapnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.