Pasar tradisional Balikpapan

Jelang Lebaran, Harga di Pasar Balikpapan Cenderung Stabil

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jelanng hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kota Balikpapan mengklaim harga di sejumlah pasar tradisional cenderung stabil. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rahman

“Kalau harga terus terang saja, harga seluruh bahan pokok ya stabil,” ujarnya, Senin (18/05).

Menurutnya, stabilnya harga di pasar karena masyarakat dianggap beli sesuai kebutuhan. Masyarakat tidak membeli dalam jumlah yang banyak. Sehingga tidak menganggu stok, sehingga harga hingga kini masih terus terkendali.

 “Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Balikpapan yang sudah paham berbagi tentang bagaimana kita berbelanja bijak,” ujarnya.

“Karena terus terang saja, kalau permintaan ini meningkat, artinya kalau masyarakat itu stok di rumah membelinya melebih dari kebutuhan ini nanti akan terjadi kelangkaan dan harga akan naik,”

“Masyarakat sudah paham, jadi masyarakat ini berbelanja sudah sesuai kebutuhan sehingga stok tidak terganggu, kalau stok tidak terganggu maka harga akan terkendali ,”

Namun dia mengakui, daya beli masyarakat sempat turun sehingga membuat harga ayam anjlok. Namun belakangan daya beli masyarakat perlahan mulai kembali normal dan harga ayam kini bahkan telah naik.

“Kalau harga yang naik sementara ini ayam, tapi ayam ini mengarah ke harga normal dia kenapa kemarin jadi Rp 16 ribu per kg, karena memang daya beli kita turun,” ujarnya

“Nah ini daya beli kita sudah mulai naik, nah ini berkisar sampai Rp 26 ribu kan per kg. Ini memang ada kenaikkan dari Rp 21 ribu dari normalnya,”

Sementara untuk harga daging sapi, belum ada kenaikkan jika terpantau dari dari harga jual di pasar online. “Kalau harga dagiong sesuai dengan pasar online kita sampai sekarang kita bertahan untuk tidak naik,” ujarnya

Baca juga ini :  Pangdam VI/Mulawarman Pimpin Sertijab Sejumlah Pejabat Kodam VI/Mulawarman

Jadi kita imbau masyarakat silahkan lah belanja harga daging yang online itu bervarias, dari yang tetelan sampai itu ada semua harganya,”

Untuk stok sembako ditingkat distributor dia memastikan aman hingga selesai lebaran, karena distribusi lancar. “Stok kita aman sampai lebaran selesai, karena stok yang ada di distributor ini selalu menyambut artinya dia stok ini bertahan untuk 1-2 bulan,” ujarnya

“Di bulan kedepan juga 1-2 bulan karena distribusi ini mengalir lancar. Nah kuncinya distribusi jangan sampai terhambat.”

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.