Jelang Nataru, Kilang Pertamina Unit Balikpapan Gelar Olahraga Bersama Stakeholder 

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Dalam menjalankan operasionalnya, Pertamina memerlukan dukungan dari para pemangku kepentingan (Stakeholder). Terutama saat menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan konsolidasi pengamanan, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar kegiatan Olahraga Bersama Readiness Pengamanan Nataru 2024 di Banua Patra Balikpapan, Jumat (15/12/2023).

Manager HSSE PT KPI Unit Balikpapan Binsar Butar Butar dalam sambutannya menyampaikan bahwa perusahaan membutuhkan dukungan dari stakeholder dalam pengamanan Nataru. 

“Sebentar lagi kita akan menghadapi Natal dan Tahun Baru. Jadi kembali lagi kami mengumpulkan di sini agar kita bisa sama-sama berkolaborasi dalam menghadapi Nataru,” ujar Binsar

Kata Binsar, kita tahu bersama-sama baik itu di Kepolisian dan TNI ada Satgas Nataru, lalu kita juga ada Satgas Nataru. Pihaknya tidak bisa bergerak sendiri, kami butuh bantuan dari seluruh stakeholder termasuk dari Lurah Camat dan Masyarakat sekitar kita. 

“Kami sama-sama menjaga kondusifitas. Harapannya, baik saat Satgas Nataru ataupun ke depannya kita sama-sama menjaga lingkungan kita,” kata Binsar.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan Pengamanan Natal 2023 dan pergantian Tahun 2024. Kegiatan ini diikuti oleh Tim Management PT KPI Unit Balikpapan, Instansi Pengamanan, Instansi Pemerintahan, Forkopimcam dan Warga Masyarakat Sekitar Kilang.

Binsar juga menyampaikan rencana Revamp Turn Around (perbaikan skala besar) kilang pada kesempatan ini, informasikan juga bahwa nanti tahun depan kami ada hajatan besar di bulan februari 2024. 

“Jadi kita ada Revamp, kita akan mengkoneksikan unit kilang eksisting dengan kilang yang baru dibangun. Untuk itu kilang akan stop operasi sebagian unitnya. Sekali lagi kami butuh dukungan terutama untuk pengamanan karena akan ada sekitar 28.000 orang yang akan bekerja disaat bersamaan,” jelas Binsar.

Baca juga ini :  Kemendikbudristek Ujicoba Penggunaan Aplikasi Pedulilidungi Saat PTM Terbatas

Acara Olahraga Bersama ini diawali dengan registrasi disertai pemeriksaan Kesehatan dan pembagian starter kit. Kemudian dilakukan Stretching (pemanasan) sebelum melanjutkan ke acara Jalan Santai. Para peserta melalui rute Jalan Jendral Sudirman, Jalan Sport, Jalan Bali, Jalan Dumai, Jalan Kutai dan kembali ke Banua Patra. Selanjutnya acara diisi dengan sambutan, dalam kegiatan tersebut dilakukan koordinasi pengamanan dalam rangka menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pjs. General Manager PT KPI Unit Balikpapan, Novie Handoyo Anto berharap melalui kegiatan ini hubungan perusahaan dengan instansi dan masyarakat sekitar kilang akan semakin meningkat. 

“Mudah-mudahan, acara ini menjadi hal yang mempermudah kita dalam berkomunikasi. Karena dengan hal seperti ini akan lebih lepas kita memberikan suatu informasi. Terus terang tentunya kami di kilang memiliki berbagai macam alat detektor untuk mendeteksi gas, mendeteksi asam dan sebagainya. Tapi tentunya kami juga memerlukan bantuan dari Masyarakat sekitar ring 1. Dengan menggunakan panca indra, Masyarakat dapat melakukan deteksi dini dan memberikan informasi awal kepada kami,” ujar Anto.

Senada dengan Anto, Dirpamobvit Polda Kaltim Kombes Sugeng Utomo mengapresiasi kegiatan ini. “Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan ini bukan hanya proyek strategis nasional saja, tapi juga merupakan urat nadi dari kehidupan Masyarakat. Untuk itu momen seperti ini sangat perlu selalu diadakan untuk membuka komunikasi, tidak harus formal,” ucap Sugeng.

Selain Ditpamobvit, instansi pengamanan yang hadir pada kegiatan ini yaitu Kodam VI Mulawarman, Lanal Balikpapan, Lanud Dhomber Balikpapan, Polda Kaltim, Kodim 0905/Bpp. Sementara dari instansi pemerintahan dihadiri Dinas Perhubungan Balikpapan, KSOP Kelas I Balikpapan, Satpol PP Balikpapan Serta Forkopimcam.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menghimbau Masyarakat agar tidak menyalakan kembang api ke arah kilang.

Baca juga ini :  Pemkot Balikpapan Sosialisasikan Sistem Jaminan Produk Halal

“Kami tentunya tidak dalam kapasitas menghalangi masyarakat untuk merayakan dan memeriahkan malam tahun baru. Namun kami mengharapkan dukungan Bapak Ibu untuk membantu mengingatkan masyarakat di daerah masing-masing untuk tidak merayakannya dengan aktivitas yang dapat membahayakan keamanan kilang,” akunya.

“Salah satu kegiatannya seperti menyalakan kembang api ke arah kilang, atau melakukan segala sesuatu secara berlebihan sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain,” kata Chandra.

Chandra juga menyampaikan bahwa kilang akan tetap beroperasi selama masa Libur Natal dan Tahun Baru. “Sama seperti tahun sebelumnya, selama periode Libur Natal dan Tahun Baru Kilang Unit Balikpapan akan tetap beroperasi. Tentunya kami juga akan meningkatkan keamanan dan mengajak seluruh Masyarakat sekitar kilang untuk meningkatkan kewaspadaan agar tetap terjaga keamanan bersama pada momen Nataru tahun ini,” tutup Chandra.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.