Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama para kru Kapal Pinisi Pusaka Indonesia

Kapal Pinisi Susur Teluk Hadir Kembali di Balikpapan, Disiapkan Kamar VIP

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kabar gembira bagi pecinta wisata bahari. Sebentar lagi kota Balikpapan akan memfasilitasi wisata susur teluk yang akan dimulai pekan depan. Saat ini kapal Pinisi berangkat dari Labuan Bajo menuju Kota Balikpapan.

“Kapal sedang dalam perjalanan dari Labuan Bajo. Perkiraan selasa atau Rabu (12/10/2022) tiba di Balikpapan,” ujar Riduan pemilik Kapal Pinisi usai melakukan susur teluk Balikpapan bersama ketua Ekonomi Kreatif Hj Nurlena, Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Abdul Majid, Jumat sore (7/10/2022).

Sebelumnya pemerintah kota Balikpapan sudah mengenalkan wisata susur teluk dengan kapal pinisi dua bulan lalu selama sebulan. “Respon yang kami terima dari masyarakat Balikpapan sangat antusias karena disini belum pernah ada,” tambahnya

Nantinya, kapal Pinisi berkapasitas 40-50 penumpang ini, rencananya akan menawarkan paket wisata kepada masyarakat Balikpapan atau Kaltim untuk susur teluk Balikpapan hingga pulau Balang.

Diakui Riduan berani mengambil peluang wisata susur teluk ini karena di Balikpapan belum pernah ada yang mengawali usaha wisata bahari. Pengembangan wisata ini akan didukung pemerintah kota Balikpapan.

“Untuk kapal yang akan datang ke Balikpapan kapasitas 40-50 orang. 40 sudah ideal lah itu. Nanti didalamnya ada 3 kamar VIP,” jelasnya.
Pihaknya saat ini belum menentukan harga tiket perorang/penumpang namun diperkiraan penumpang dikenakan 150-165 ribu per pax. Nantinya akan mendapatkan minuman selamat datang. Pihaknya juga menyiapkan makan malam atau makan pagi untuk trip pagi atau sore. “Mungkin kita pakai dua trip nanti pagi dan sore,” ujarnya.

Pada kesempatan sama Ketua Ekonomi Kreatif Kota Balikpapan Hj Nurlena Rahmad Mas’ud menyampaikan apresiasi kepada investor yang mau mengembangkan wisata bahari seperti susur teluk. Apalagi ini dilakukan oleh orang Balikpapan.

Baca juga ini :  PSSI akan Bentuk Tim untuk Kerjasama dengan Pemerintah dan FIFA Benahi Sepak Bola Nasional

Pihaknya mendorong investor untuk ikut membangkitkan gairah wisata bahari kota Balikpapan. Daya tarik susur teluk Balikpapan menurutnya tidak kalah hebat dengan wilayah lainya.

“Potensi luar biasa bisa lihat sunset disana. Saya mendorong kepada investor atau masyarakat untuk melihat peluang dengan potensi kota Balikpapan yang luar biasa,” ujarnya.

Pemerintah kota bersama swasta, masyarakat untuk sama-sama membangun potensi ekonomi baru dengan menyajikan konten-konten yang menarik seperti susur teluk yang dekat dengan IKN.

“Jadi kita bisa melihat hutan mangrove yang ada bekantan di teluk Balikpapan di Somber setelah itu kita susuri sampai pulau Balang. Lalu kita susuri lagi ke Belakangnya seperti pulau Raja Ampat. Walaupun Cuma ada beberapa pulau yang kita putari tapi sangat cantik disitu ada pohon mangrove yang oksigen bagus dibutuhkan,” ujarnya.

Saat susur teluk Balikpapan, rombongan kecil dengan kapal pribadi menyusuri teluk Balikpapan mulai dari pelabuhan Semayang ke Somber hingga pulau Balang. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1 jam 30 menit. Jika menggunakan Kapal pinisi membutuhkan 2-3 jam.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.