Home / iniFLASH / Kiprah Empat Tahun IWSS Bersatu

Kiprah Empat Tahun IWSS Bersatu

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com,– Tepat Selasa ini 5 Januari 2016, organisasi Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Bersatu  kota Balikpapan genap berusia 4 tahun. Meski baru dan terbilang muda namun organisasi yang dihuni wanita Sulawesi Selatan ini, mungkin menjadi satu-satunya organisasi yang banyak memiliki program/kegiatan. Selain mempererat silaturahmi, tujuannya lebih memberdayakan potensi yang dimiliki anggota sambil memberikan sumbangsih kepada pemerintah kota dalam setiap program pembangunan kota.

kue-ultah iwss
Berdoa bersama.

“Saya menilai IWSS Bersatu Balikpapan mungkin jadi organisasi yang paling disibukan dengan berbagai program. Mungkin disini tempatnya bagi wanita-wanita Balikpapan untuk menempa potensi dan kemampuan,” nilai Ketua Gabungan Organsasi Wanita kota Balikpapan Hj Suharti, SE.

Sederet kegiatan telah menunjukan konsistensinya dan keberpihakan kepada kaum wanita. Biasanya, Image organisasi perempuan sebagai wadah berkumpul rapat dan arisan tapi di IWSS Bersatu jauh dari kesan itu.

Tiap bulannya selalu saja ada kegaitan baru, bahkan inovasi dalam mewarnai IWSS Bersatu. Diantaranya mulai kegiatan keterampilan wanita, pendidikan kepribadian, up grading kesekretariatan, publik speaking hingga pelatihan jurnalistik telah dirasakan oleh organisasi ini.

IWSS Bersatu Balikpapan dibawah kepemimpinan Hj Hasnah Djamaluddin ini terbilang sangat solid, mereka kompak dalam setiap even yang dibuat sendiri maupun even undangan dari pihak lain. Setidaknya ada 6000 lebih anggota yang tersebar di enam kecamatan Kota Balikpapan dengan 1250 orang pengurus.

“Alhamdulillah, sejak terbentuknya organisasi ini sampai sekarang telah banyak yang kami laksanakan. Tentu ini makin menguatkan silaturahmi dan yang tidak kalah penting menggali potensi kemampuan wanita Balikpapan khususnya wanita Sulawesi Selatan,” tutur Hj Hasnah.

Rombongan umroh IWSS Bersatu, ketika di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.
Rombongan umroh IWSS Bersatu, ketika di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Pada awal tahun 2016 ini saja, sudah ada dua kegiatan yang dilaksanakan dan akan dilaksanakan yakni peringatan Maulid Nabi yang diselenggaran di rumah jabatan DPRD Balikpapan pada Senin siang lalu (4/1/2016) dan hari Selasa ini (5/1/2016) sekitar 25 pengurus IWSS bersatu untuk umroh bersama-sama akan berangkat Umroh. Selanjutnya ada kloter berikutnya pada Maret 2016 yang akan memberangkatkan 35 anggota dan pengurus.

“Tentu apa yang kami lakukan ini tidak lepas dari dukungan dan keikhlasan para suami dari ibu-ibu di IWSS Bersatu menjalakan aktivitas dan programnya, termasuk juga dukungan pemerintah daerah,” tambahnya.

Ucapan selamat Ultah.
Ucapan selamat Ultah.

Sebelum berangkat umroh, panitia peringatan HUT Ke 4 Tahun IWSS Bersatu melakukan doa sekaligus pemotong kue di bandara Sepinggan, sebagai wujud syukur atas usia organisasi ini sekaligus melepas keberangkatan rombongan umroh.

Para anggota IWSS Balikpapan, wujud perempuan mandiri.
Para anggota IWSS Balikpapan, wujud perempuan mandiri.

Di tahun 2016 ini, mereka pun punya harapan yang semuanya bermuara pada kebaikan dan makin damai dan majunya organisasi serta kota tempat bernaung.

Berikut harapan dari sejumlah tokoh-tokoh perempuan Balikpapan

Hj. SUHARTI, SE (Ketua Gabungan Organisasi Wanita)

Resolusi dalam menghadapi tahun 2016 secara pribadi, melihat umur saya sudah tidak muda lagi yaitu 63 tahun tentu saya harus punya program untuk memulainya yaitu dari tahun 2016 untuk mengurangi kegiatan berorganisasi ini tentunya saya lakukan untuk kaderisasi kepada teman-teman yang mempunyai potensi harus diberikan peluang untuk memimpin karena kalau saya masih dituakan nanti teman tidak berani maju jadi ketua, intinya karen usia juga saya harus mengurangi kegiatan berorganisasi supaya lebih punya banyak waktu untuk beribadah

Hj. KASRIYAH, SE, M.Hum (Anggota DPR RI dari PPP Dapil Kaltim)

“Harapan saya pada tahun 2016 mengajak wanita untuk menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan dalam era globalisasi seperti masuknya budaya asing, baik di sektor ekonomi, seni dan lain lain yang akan masuk ke Indonesia, Kaltim, Balikpapan khususnya  dengan menyiapkan SDM (sumberdaya manusia). Menguatkan pondasi keimanan.

Dan pada 2016 smoga saya senantiasa mampu berbuat untuk pentingan masyarakat bagi kemashlatan umat,”.

Hj. ANNA LEONITA AMINUDDIN RUKKA (tokoh perempuan Sulsel, mantan anggota DPRD fraksi Golkar)

“Saya berharap 2016, para wanita menghadapi arus globalisasi ini mampu berdaya guna dan berhasil guna serta harus terus belajar, tidak gaptek melek teknologi dan memiliki kemampuan yang mumpuni juga harus mampu menjawab tantangan,  menjadi wanita yang bertanggung jawab dengan kemandirian yang kuat, tidak sombong, kepribadian rahmah, santun, berbudaya serta memiliki prinsip yang kuat dengan pengendalian diri yang baik,”.

Pada kesempatan itu, IWSS Bersatu Kota Balikpapan juga mengucapkan selamat atas kehadiran BERITA ONLINE INIBALIKPAPAN.COM

“Moga kehadirannya mampu menjadi sarana efektif bagi masyarakat Balikpapan untuk mendapatkan informasi secara cepat tepat dan akurat, SELAMAT TAHUN BARU 2016,” ucap Hj Hasnah Djamaluddin. (Andi/adv)

 

 

Comments

comments

About y setiyono

Check Also

Dari 26 Klaster Covid-19 di Balikpapan, 3 Klaster Belum Selesai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dari kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.