Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto

Kodam Akan Dibentuk di Ibu Kota Negara Baru

BALIKPAPANN Inibalikpapan – Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan, diwilayah Ibu Kota Negara (IKN) dan Pusat Pemerintah akan dibentuk Kodam yang baru terpisah dari Kodam BI Mulawarman.

“Kalau ada Ibu Kota, pasti ada kodam sendiri, terapisah dari Kodam VI Mulawarman,” ujar Subiyanto.

Kodam tersebut masuk wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) yang merupakan Pusat Pemerintahan dan Ibu Kota Negara yang baru, setelah ditetapkan Presiden Agustus 20129.

Namun kata dia, hingga kini masih menunngu perintah dari Mabes TNI terkait pembentukkan Kodam baru tersebut. Meski begitu lanjut Subiyanto, pihaknya sudah melakukan kajian pembentukan Kodam di Ibu Kota Negara.

“Belum ada perintah, tapi kita sudah melakukan kajian untuk pembentukan Kodam,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah juga akan segera membentuk dan membangun Markas Komando Resor Militer (Korem) baru di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) yakni di Tanjung Selor Hulu, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Pembentukan Markas Korem tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Kaltara yang ditandatangani Presiden Joko Widodo. Korem tersebut nantinya akan ditempati 300 personel yang berasal dari Kodam VI Mulawarman.

Rencana pembangunan Korem Kaltara akan dimulai pada tahun 2020. Dengan luas lahan 2,7 hektar dan luas bangunan 2.100 M2 yang akan dibangun meliputi tiga lantai. Pembangunannya akan dilakukan bertahap, termasuk perumahan anggota nantinya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Jembatan Pulau Balang Belum Bisa Digunakan, Wakil Bupati PPU Mengadu ke Pansus RUU IKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.