Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha

Jumat, KPU Balikpapan Gelar Pleno Penetapan Wali Kota Terpilih

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasca ditolaknya gugatan Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang Selasa (16/02/2021), KPU Kota Balikpapan akan segera menggelar rapat pleno penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

“Ya sebagaimana yang kiat dengara seluruh permohonan pemohon ditolak. Karena permohonan ditolak maka seluruh persidangan dihentikan sampai disitu saja,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha kepada inibalikpapan, Selasa malam (16/02/2021).

“Tinggal KPU melanjutkan tahapannya yaitu melaksanakan penetapan atau melaksanakan pleno penetapan calon terpilih,”katanya.

Dia mengatakan, kemungkinan pleno penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih   pada Jumat (19/02). Karena sesuai ketentuan tidak boleh lewat dari 5 hari pasca diterimanya salinan hasil sidang MK.

“Nanti kita rapatkan, tapi gambarannya Insya Allah hari Jumat lah. Karena waktunya terbatas tidak boleh lebih dari 5 hari dari salinan diterima. Biasanya salinan diterima sehari setelah putusan, sudah bisa diterima,” ujarnya

Dia memastikan, lima Komisioner KPU Kota Balikpapan dipastikan akan hadir dalam pleno karena tidak ada kegiatan apapun. Rencananya rapat pleno akan digelar di Novotel. 

“Kalau kuorum 2/3 yang hadir, tapi sekarang kan gak ada kegiatan apa-apa mestinya 5 orang tidak ada alasan untuk tidak hadir,” ujarnya.

Namun untuk pleno tamu dan undangan terbatas yang hadir karena mengikuti protocol kesehatan covid-19.  Diantaranya calon terpilih, Bawaslu maupun Forum Pimpin Daerah (Forkompida). 

“Di undang calon terpilih, Forkompinda, Bawaslu, pokoknya yang berkompeten, kita kan harus mengikuti protocol covid-19 jumlahnya harus dibatasi, Sekitar 75 undangan,” sebutnya. 

Hasil pleno tersebut nantinya akan dikirim ke Gubernur Kaltim untuk jadwal pelantikan. “KPU Balikpapan bersurat kepada gubernur melalui Wali Kota untuk dilakukan pelantikkan,” ujarnya.

“Ya hasil pleno dikirim ke Gubernur melalui Wali Kota, nanti dalam pelantikan juga pasangannya almarhum Thohari Azis disebut. karena ini pasangan maka disebut.”tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Gubernur Kaltim Keluarkan Instruksi Nomor 2 Tahun 2021 Perpanjang PPKM Mikro

SAMARINDA,Inibalikpapan.com – Gubernur Kaltim menerbitkan Instruksi Nomor 2 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.