Kunjungi Rumah Teknologi, Ganjar Ajak Keterlibatan Masyarakat dan Komitmen Lanjutkan Pembangunan IKN

NUSANTARA,Inibalikpapan.com – Dalam mengawali kampanye hari ke sepuluh, Capres Ganjar Pranowo menyambangi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (7/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut Ganjar berkunjung ke sejumlah destinasi IKN, salah satunya rumah teknologi.

Diketahui Rumah Teknologi adalah tempat edukasi mengenai konsep perkembangan IKN sekaligus wadah konseptual yang akan diimplementasikan dalam IKN. 

Berbagai macam teknologi dimunculkan di sana mulai dari asal Amerika, Inggris, hingga Indonesia dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup di masa mendatang serta perwujudan Kota Cerdas.

Ganjar mengatakan, implementasi teknologi IKN di masa mendatang yang didasari dari konsep rumah teknologi perlu dilakukan monitoring secara berkelanjutan. Untuk memastikan pembangunan IKN berjalan dengan baik.

“Konsep itu musti betul-betul diimplementasikan dengan pengawalan yang sangat bagus karena kita sedang membuat mimpi besar akan kemajuan teknologi masa depan yang belum ada di dunia dan direncanakan dari 0,” kata Ganjar.

Lanjut Ganjar, mimpi besar bangsa Indonesia dalam mewujudkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara patut didukung seluruh unsur negara, mulai dari pemerintah, investor, hingga masyarakat lokal.

“Artinya seluruh partisipasi betul-betul dibutuhkan sehingga semua harus mempersiapkan diri termasuk satu mungkin yang perlu kita ajak kita libatkan di tengah gebyar teknologi adalah masyarakat lokal, agar kemudian dia bisa join in dan kelak kemudian sense of belonging nya itu juga dimiliki,” ucap dia.

Ganjar menegaskan, komitmennya untuk melanjutkan pembangunan IKN sesuai amanat Undang-Undang. Di samping itu, pentingnya kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menyambut Indonesia gemilang. 

“Ya saya orang yang dari awal konsisten, bahwa sesuatu regulasi yang sudah dibuat dan disepakati harus dilaksanakan. Maka IKN ini adalah undang-undang, siapapun yang menjadi presiden harus melaksanakan ini, tidak bisa tidak,” ujar Ganjar.

Baca juga ini :  Lantik Pengurus Perbakin Balikpapan, Roy Nirwan Sindir Pengurus yang Belum Dilantik

Dari rumah teknologi IKN, Ganjar menuju Titik Nol Nusantara IKN. Di sana, ia melihat pohon kepel (stelechocarpus burahol) yang pernah ditanamnya. Pohon kepel merupakan penghasil buah kegemaran para putri keraton Jawa.

Perjalanan dilanjutkan ke Menara Pandang. Dari atas menara, capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu melihat proses pembangunan komplek pemerintahan. Terakhir, politikus berambut putih itu melihat secara dekat proses pembangunan Istana Negara IKN.

“Ya untuk menunjukkan sebuah komitmen, saya orang yang konsisten tidak pernah bergeser atas pelaksanaan sebuah peraturan dan tentu saja IKN ini sebuah konsep yang disiapkan bahkan sejak jaman Bung Karno, di mana ada perencanaan untuk memindahkan Ibu Kota,” ujar Ganjar.

Lanjutnya pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan sudah dirancang sejak Presiden Soekarno. RUU IKN kini telah disahkan menjadi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN (UU IKN), sehingga wajib dilanjutkan.

“Maka tugas kita adalah melanjutkan dan kita siapkan betul dengan baik agar ini bisa berjalan sesuai dengan rencana,” terangnya.

Menurutnya, IKN adalah kota masa depan yang didesain secara modern untuk sebuah mimpi besar.

Usai dari IKN, Capres Ganjar melakukan pertemuan dengan mahasiswa Balikpapan di Novotel, Balikpapan sekitar pukul 15.30 wita. Selanjutnya dia terbang Kamis petang meninggalkan Kaltim untuk persiapan Debat Kampanye.

Sebagai informasi, sejak masa kampanye dimulai Ganjar sudah berkeliling beberapa daerah Indonesia. Diawali dengan mengunjungi dan berkeliling Kabupaten Merauke, Papua Selatan. 

Ganjar terbang ke Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian Ganjar melanjutkan kampanye ke sejumlah ke sejumlah daerah di NTT dan Nusa Tenggara Barat seperti Kabupaten Ende, Pulau Rote, Kota Bima, dan Pulau Lombok.

Baca juga ini :  Sambut IKN, Landasan Pacu dan Kapasitas Bandara Sepinggan Balikpapan akan Ditingkatkan

Capres berambut putih itu kembali berkampanye di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan Kota Palu Sulawesi Tengah dan menyapa masyarakat yang ada di sana.

Dua hari belakangan, Ganjar sedang berkeliling Kalimantan Timur untuk berkampanye di Kota Balikpapan, Kota Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.