Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Lansia Punya Penyakit Khusus Konsultasikan Dulu ke Petugas Kesehatan Sebelum Divaksin

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Program vaksinasi covid-19 untuk lanjut usia (lansia) akan digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome pada Minggu (07/03).

Wali Kota Rizal Effendi pun mengingatkan, lansia yang akan divaksin Sinovac untuk melapor atau dikonsultasikan ke petugas kesehatan (nakes) jika punya penyakit bawaan atau keluhan lain sebelum disuntik.

“Kalau punya penyakit-penyakit khusus kalau bisa dilakukan konsultasi dulu. Khusus lansia mulai jam 08.00- 16.00,” ujar Rizal.

Dia mengatakan, untuk vaksinasi awal lansia targetnya sekitar 400-an orang dan mewakili masing-masing kelurahan 10 lansia. “Lansia menjadi priorotas juga setelah petugas kesehatan dan pelayanan public,” ujarnya.

“Mudah-mudahn kita bisa mencapai 400-an lebih, yang bisa kita vaksin jumlah lansia sekitar 46 ribu lebih,”

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Andi Sri Juliarty mengatakan, vaksinasi lansia hanya khusus undangan. Sehingga dia, mengingatkan jangan sampai lansia kemudian berbondong-bondong ke Dome minta divaksin.

“Hanya di Dome (pelaksanaan vaksin), kemudian bersifat undangan jadi kami harap jangan sampai berbondong-bondong lansia dating ke Dome, hanya bersifat undangan,” ujarnya, Sabtu (06/03)

Dia megungkapkan, masing-masing kelurahan hanya akan di wakili 10 orang lansia yang akan langsung didampingi lurah. Termasuk juga perwakilan kelompok lansia. Karena jumlah vaksin yang tersedia juga terbatas,

“Setiap lurah akan mengawal 10 lansianya. Jadi semuanya sudah terbagi disemua kelurahan di wakili oleh 10 orang lansia. Kemudian dari organisasi kelompok-kelompok lansia lainnya. Jadi besok baru hanya di Dome,” ujarnya.

Sementara untuk lansia lainnya atau umum, diminta mendaftar lebih dahulu melalui link https://vaksinasi.balikpapan.go.id/lansia. Karena untuk vaksinasi lansia umum akan digelar pada Selasa (07/03).

“Yang lainnya kami harapkan melakukan pendaftaran melalui link yang telah ditetapkan dan kitra akan mulai di Selasa pekan depan. Khawatirnya besok semua kumpul,” ujarnya.

Baca juga ini :  Balikpapan Dianggap Mampu Tekan Angka Buta Aksara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.