Konsep Ibu Kota Negara baru (youtube)

Letak Ibu Kota Negara Nusantara Sangat Strategis untuk Pertahanan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah berharap Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi ikon persatuan nasional yang strategis, baik dari aspek pertahanan dan keamanan, aspek politik, juga aspek ekonomi.

Pasalnya, secara geografis, Kaltim  adalah ‘center of gravity’ bagi Indonesia melalui perhitungan silang garis hubung Sabang-Merauke dan garis hubung Pulau Miangas-Pulau Rote.

‘’Posisi Ibu Kota Negara yang sangat sentral ini memungkinkan semua media komunikasi mulai dari frekuensi rendah sampai tertinggi dapat mengendalikan Alutsista di darat, laut dan udara dengan mudah,” ujarnya saat meninjau Ibu Kota Negara Nusantara.

“Itu sangat strategis dari aspek pertahanan dan nantinya harus strategis juga dari aspek ekonomi dan politik,’’

Ahmad Basarah tambah optimis IKN akan menjadi center of gravity Indonesia berdasarkan  lima pertimbangan. Pertama, risiko bencana alam di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Karta Negara yang menjadi IKN itu sangat minim.

Kedua, lokasinya di tengah-tengah wilayah Indonesia. Ketiga, lokasi kedua kabupaten berdampingan dengan dua kota yang berkembang, Balikpapan dan Samarinda.

Keempat, Kaltim memiliki infrastruktur yang cukup lengkap. Kelima, lahan yang dikuasai pemerintah 180 ribu hektare, atau hampir tiga kali lipat lahan  yang dikuasai pemerintah di DKI Jakarta.

‘Kendati demikian, satu hal perlu saya ingatkan agar semua pihak memperhatikan ‘’local wisdom’’ saat melaksanakan gagasan besar ini.

“Jangan sampai rencana pemindahan IKN itu hanya akan menimbulkan gejolak sosial, baik akibat kecemburuan sosial-ekonomi atau perampasan hak-hak kepemilikan tanah masyarakat setempat.”tukasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pertamina Klaim Konsumsi Pertalite dan Pertamax di Balikpapan dan Samarinda Meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.