Yamaha Endurance Festival

Meriahnya Ajang Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival, Rangkul Para Pecinta bLU cRU

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Gelaran akbar Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival sukses digelar di Sentul International Circuit, 22-23 Oktober 2022. Ajang balapan ketahanan satu-satunya di Indonesia ini menarik animo tinggi dari para pembalap profesional dan komunitas untuk menampilkan skill terbaik dan strategi mumpuni.

Di tahun ke-4 pelaksanaannya ini, kompetisi tersebut berlangsung makin meriah baik itu di lintasan sirkuit maupun aktivitas di luar balapan. Tiga kelas dilombakan menggunakan motor R Series Yamaha yaitu YZF-R25 (Pro Rider 250 cc & Community Rider 250 cc) dan YZF-R15 (Community Rider 150 cc).

Dengan durasi dua jam di masing-masing kelas, persaingan berlangsung sengit dalam adu strategi dan kehandalan skill para peserta. Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival ini diikuti oleh 68 starter.

Pembalap ditantang dalam 2 jam ketahanan balapan dengan model start bergaya Le Mans. Motor sudah diposisikan sesuai starting grid masing-masing dan rider berlari menyeberang lintasan menuju motornya masing-masing.

Setiap tim peserta diisi oleh 2 pembalap dan 2 mekanik. Perlombaan ini menguji keterampilan pembalap untuk berkendara lebih cepat dan kerjasama tim yang baik. Perpaduan fisik, stamina, timing filling dan rider change masing-masing dengan strategi Pit In dalam 1 menit 30 detik, merupakan faktor-faktor penting sebagai kunci memenangkan kompetisi ini.

”Tahun ini kami kembali menggelar kompetisi balapan ketahanan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival yang sudah dinantikan oleh pembalap profesional dan komunitas. Keseruan kompetisi ini dengan “Spirit of Challenge” bLU cRU yang menyemangati peserta, membuat ajang ini dinikmati dan memberikan kesan tak terlupakan,” ungkap Riyadi Prihantono, Coordinator Manager of After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca juga ini :  Komisi II Minta Tak Hanya Mengandalkan Pantai Manggar

“Kompetisi ini juga menginspirasi semua yang ambil bagian untuk terus maju berkarya dan selalu bekerjasama untuk meraih pencapaian terbaik yang ditargetkan. Selain itu, kami juga memanjakan pengunjung yang datang ke arena exhibition dimana terdapat booth produk-produk unggulan Yamaha serta para sponsor, serta menikmati acara hiburan yang disuguhkan,”

Sementara itu, komunitas yang ikut serta di balapan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Challenge ini mengungkapkan rasa gembiranya dapat menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan prestasi kemenangan. Seperti yang dinyatakan oleh Yusuf Ibrahim, pemenang pertama kelas Community Rider 250 cc yang berduet dengan Fariz Ibrahim (tim YRFI Official).

”Kompetisi ini sangat menarik karena merupakan satu-satunya balapan ketahanan di Indonesia. Apalagi untuk balapan kelas Community Rider 250 cc dicampur dengan kelas Pro Rider 250 cc jadi membuat adrenalin makin terpacu dan lebih menantang untuk meningkatkan skill. Selain itu dengan adanya event ini juga bisa bertemu dan terkoneksi dengan komunitas lainnya, jadi bertambah keseruannya,” ungkap Yusuf Ibrahim.

Lalu pemenang ke-2 kelas Community Rider 150 cc yaitu Joni Triatmo, juga menuturkan kebahagiaannya upaya terbaiknya membuahkan hasil memuaskan. Di balapan ini dia berduet dengan Abiyyoke Pratama.

”Kompetisi balapan ini populer dan selalu ditunggu-tunggu. Sudah tiga kali saya ambil bagian di event Yamaha Endurance Festival. Ini pengalaman menyenangkan menjadi bagian dari ajang yang telah menjadi budaya racing di Indonesia. Tahun ini hasil balapan kami persembahkan untuk almarhum Kevin (Kevin Safaruddin Madria). Dia menjadi motivasi tim kami untuk meraih hasil bagus kali ini,” ungkap Joni Triatmo dari Joni Triatmo Racing Team.

Kegiatan lainnya di luar balapan juga menarik perhatian, diantaranya edukasi untuk ratusan siswa SMK. Mereka berkesempatan untuk mengunjungi paddock tim dan mendapatkan pengetahuan mengenai dunia racing. Selain itu juga disuguhkan SMK Skill Contest yang menguji ilmu dan keterampilan teori dan praktek para siswa.

Baca juga ini :  Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Balikpapan Dibuka Bertahap

Event ini pun ditonton gratis oleh para pengunjung. Mereka menikmati sejumlah rangkaian acara hiburan di area exhibition. Juga disajikan booth pameran dari sponsor-sponsor yang memberikan penawaran istimewa bagi pengunjung.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.