Wali Kota Balikpapan Rizal Effnedi saat mengikuti kegiatan pawai 1000 obor

Pawai 1000 Obor Tahun Baru Islam Diikuti Remaja Non Muslim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menggelar pawai 1000 obor menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah yang diikuti mulai dari anak-anak hingga orang tua, Sabtu (31/08) malam.  Pawai obor yang berlangsung di halaman Masjid Agung Ataqwa hingga pertigaan Plaza Balikpapan.

Ada yang menarik dalam pawai 100 obor kali ini, selain dihadiri Wali Kota Balikpapan. Namun juga remaja non muslim, baik dari Katholik maupun Budha. Terlihat antusias masyarakat Balikpapan menyaksikan pawai 1000 obor ini hingga membuat macet kawasan Jalan Jendral Sudirman.

“Sangat baik ya (kegiatan pawai 1000 obor). Apalagi ada saudara kita remaja-remaja non muslim yang ikut meramaikan juga. Saya rasa bagus lah ya ini,” ujar Wali kota Balikpapan Rizal Effendi, disela-sela pawai 1000 obor.

Rizal pun berharap, moment Tahun Baru Islam 1441 Hijriah ini menjadi pemersatu umat beragama di Kota Balikpapan. Sehingga sama-sama bisa menerima perbedaan tanpa harus saling menghujat. Apalagi Kaltim telah ditetapkan sebagai Ibu kota Negara yang baru oleh Presiden Joko Widodo.

“Semoga momen ini bisa kita jadikan pengikat persatuan bangsa. Apalagi kita kan mau jadi Ibu Kota, tentunya akan banyak pendatang, jadi kita harus merangkul lah saudara-saudara kita ini,” ujarnya.

Senada, Rudi salah satu perwakilan remaja Umat Budha yang mengikuti pawai 1000 obor menuturkan, mereka ingin menunjukkan bahwa di Kota Balikpapan selama ini kehidupan umat beragamanya rukun dan saling toleransi yang telah terjaga sejak dahulu, meski berbeda.

“Kita mau ikut ini untuk membuktikan jika kita disini (Balikpapan) antar umatnya hidup rukun. Enggak ada tembok pemisah lah begitu,” ujar Rudi.

Pawai 1000 obor diperkirakan diikuti sekitar 1.200 orang mulai dari anak-anak Paud/Tk TPA, Ibu-ibu pengajian dan Kumpulan Remaja Masjid Kota Balikpapan. Rute pawai ini sendiri dimulai dari depan Masjid Agung Ataqwa hingga berakhir didepan Plaza Balikpapan. Panitia Pelaksana dari GP Anshor Kota Balikpapan menyiapkan sebanyak 1000 obor.

Baca juga ini :  Tahun Baru Islam Momentum untuk Perkuat Ikhtiar Melawan Pandemi

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.