Satgas bersama masyarakat setempat bergotong-royong mempersiapkan lapangan Kampung Ujoh Bilang Long Kecamatan Long Bagun.

Pemkab Mahulu Siapkan 250 Hektar Lahan untuk Pembangunan Bandara

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh menemui Wakil Gubernur (Wagu) Kaltim Hadi Mulyadi pada Jumat (22/7/2022).

Dalam pertemuan itu, Bonifasius menyampaikan usulan pembangunan bandar udara di Ujoh Bilang, Ibu Kota Kabupaten Mahulu yang berbatasan dengan Malaysia.

“Untuk lahan sudah klir Pak Wagub. Sekarang menunggu penlok (penetapan lokasi) dari pusat,” kata Bonifasius.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Stephanus Madang menyatakan, pihaknya telah menyiapkan 250 hektare lahan yang telah mengantongi sertifikat  untuk rencana pembangunan  itu.

Lahan tersebut, milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Mahulu berada di sekitar Ujoh Bilang. Bandara yang diusulkan sepanjang 1.600 meter untuk tahap awal dan 3.000 meter untuk pengembangannya nanti.

“Nantinya lahan itu akan kita hibahkan ke pusat (Kementerian Perhubungan) agar bisa dibangun bandara,” ujar Stephanus

Keberadaan bandar udara akan membuat semakin meningkatkan geliat ekonomi dan pembangunan di Mahulu. Karena akan lebih mudah terhubung dengan sejumlah daerah lain.

“Saya sudah minta Pak Bupati mengirimkan usulannya untuk diteruskan kepada Anggota Komisi V DPR asal Kaltim, Pak Irwan agar segera bisa dibantu diwujudkan,” Ujar Wagub Hadi

Wagub Hadi berharap, bisa segera direalisasikan. Mengingat data-data yang diperlukan sudah lengkap.“Mudah-mudahan bisa jadi agenda prioritas pemerintah pusat,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Bonifasius juga menyampaikan permohonan dukungan untuk pelaksanaan proyek jalan dan jembatan di Mahulu, juga membahas rencana kunjungan kerja Wagub Hadi ke Mahulu dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, hingga kini akses menuju Mahlu lebih banyak menggunakan kapal dari Samarinda itu pun membutuhkan waktu yang panjang. Sedangkan jalan darat dari Kutai Barat juga tidak disarankan karena medan yang sangat berat. (adpimprovkaltim)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.