Imunisasi camapk -rubela di Balikpapan

Pemkot Balikpapan Targetkan 18 Juni Imunisasi campak- Rubella Rampung

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan  menyatakan, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) akan rampung sesuai target pada 18 Juni 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, saat ini imuiniasi campak- rubella dengan sasaran 129 ribu anak berusia 9 bulan hingga 12 tahun gencar dilakukan.

“Insya Allah (rampung 100%) di 18 Juni target kita,” ujarnya kepada awak media pada Senin (30/05/2022).

Dia mengatakan, memang ada beberapa kendala untuk mempercepat imuniasi yang dimulai 18 Mei 202. Diantaranya ada beberapa hari libur nasional. Termasuk juaga yang ujian dan ulangan.

“Dari tanggal 18 kan kita,  ditambah hari libur. Ada beberapa hari kali kita libur. Kesulitan BIAN memang masih ada anak-anak sekolah yang ujian, ulangan,” ujarnya.

Meski begitu lanjutnya, imunisasiu terus berjalan. Bahkan digelar di posyandu, sekolah seperti PAUD dan TK. Termasuk di seluruh puskesmas untuk mempercepat.

“Tapi tidak berhenti ketika wilayah itu ujian maka dia dilakukan di posyandu, diTK, di PAUD atau di puskesmasI,” ujarnya

Sebelumnya dia menyatakan,  elama periode BIAN, satu dosis imunisasi Campak-Rubella akan diberikan terlepas dari status imunisasi sebelumnya. Hal ini sesuai dengan target berdasarkan rekomendasi yang ditetapkan untuk masing-masing wilayah.

“Satu atau lebih jenis imunisasi akan diberikan untuk melengkapi status imunisasi anak usia kurang dari 5 tahun,” ujarnya

Dia menambahkan, COVID_19 telah mengakibatkan cakupan imunisasi rutin lengkap anak menjadi rendah. Sehingga berisiko lebih besar tertular penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin seperti difteri, tetanus, campak, rubella dan polio.

“Kembali mengingatkan vaksinasi rutin anak yang dulu sudah jalan sebelum pandemi. Jangan sampai kembali muncul penyakit,” ujarnya

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.