Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto

Perbatasan Selalu Jadi Jalur Masuk Narkoba Jaringan Internasional

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – wilayah perbatasan selalu menjadi pintu masuk bagi jaringan narkoba internasional. Bahkan untuk tahun ini sudah 3 kali upaya penyeludupan narkoba jenis sabu digagalkan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan.

“Untuk pengamanan diwilayah perbatasan, beberapa kali, sudah 3 kali yang pertama 7 kg kemudian yang kedua kurang lebih 1,5 kg dan yang terakhir kemarin ada beberapa gram yang didapat dan itu sudah ditindaklanjuti,” ujar Pangdam VI Mulawarman Heri Wiranto.

Dia mengatakan, setiap narkoba yang berhasil diamakankan diwilayah perbatasan langsung diserahkan ke Polda ataupun Polres setempat. Karena selama ini TNI selalu berkomitmen untuk terus menjaga agar narkoba tak masuk ke Indonesia.

“Setiap yang kita dapatkan dari hasil penanganan di perbatasan kita langsung kita serahkan ke Polda atau polres setempat untuk ditiundajlanjuti,” ujarnya

“Jadi itulah upaya kita untuk menjaga agar jangan narkoba masuk ke wwilayah kita melalui perbatasan,”

Menurutnya, ada beberapa titik jalur tikus diwilayah perbatasan yang justru sebenarnya menjadi konsentrasi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan, seperti jalur-jalur tikus. Termasuk bekerjasama dengan masyarakat setempat.

“Jadi konsentrasi kita memang dititik-titik yang cenderung tidak dijaga, makanya kita lakukan patroli secara terus menerus dan ini sudah mulai terdekteksi oleh karenanya kita bekerjasa dengan unsur-unsur yang disana,” ujarnya

“Karena kalau kita sendiri juga saya yakin dengan luasanya dan panjangnya wilayah perbatasan repot juga tapi kita bersyukur masih ada yang dapat kita ambil langkah-langkah cepat untuk penanganan tersebut,”

Pangdam juga berpesan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan musuh utama diwilayah perbatasan agar selalu mewaspadai segala upaya untuk memasukkan barang-barang ilegal. Namun dia mengingatkan, tetap selalu waspada.

“Penekanan saya satu mereka musuhnya adalah orang-orang yang berusaha masuk secara ilegal membawa narkoba untuk itu saya mengharapkan kepada mereka untuk menjaga diri lebih dahulu,” ujarnya

Baca juga ini :  Pemkot Mulai Terapkan Sistem Perijinan OSS

“Jangan sampai mereka terjebak dalam hal yang negatif dsan mereka harus bisa mena  ngani itu ditempat tugasnya masing-masing.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.