Persiapan Menuju Endemi Covid-19,  Tanggung Jawab Diserahkan ke Publik

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) melihat ada beberapa persiapan yang harus dilakukan jika pandemi Covid-19 sudah menjadi endemi.

Ketua Umum Persakmi Prof Ridwan Amiruddin mengatakan, permasalahan pandemi Covid-19 masih menjadi perhatian semua pihak, apalagi jika pandemi ini sudah menjadi endemi yang menyebabkan terkendali kasus dan korban sedikit 

“Hanya saja kalau sudah menjadi endemi  tanggung jawab diserahkan ke publik, berbeda jika masih pandemi ini ditanggung negara,” ujar Ridwan Amiruddin.

Kata Ridwan, pandemi ini penyakit yang bisa dikendalikan karena berbasis prilaku semakin displin dan prokes ditegakkan semakin terkendali pandeminya.

“Pandemi Covid-19 dikendalikan vaksinasi bahkan 10 jenis vaksin diproduksi, sementara pandemi sebelumnya seperti flu spanyol belum ada terkendali dengan vaksinasi,” akunya.

“Karena itu mengapa seluruh kelompok masyarakat harus meningkatoan cakupan vaksinasi,” tambahnya.

Hanya saja yang menjadi persoalan bersama masih rendahnya vaksinasi pada kelompol lansia, banyak kelompok lansia yang menjadi komorbid tidak mau divaksin dan ini jadi PR bersama.

“Padahal kematian terbesar ada pada kelompok komorbid yang didapat dari kelompok usia produktif seperti remaja yang keluar rumah kemudian kembali ke rumah dengan membawa virus,” imbuhnya 

“Jadi jangan lengah, pandemi ini tidak menular kalau tidak punya teman, kalau punya teman siap-siap tertular atau menulari,” tambahnya.

Syarat penularan itu ada penderita dan calon penderitanya dan semua tidak tahu sebagai sumber penularan atau bukan, sehingga deteksi dininya sangat mungkin dilakukan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pemberlakuan Jam di Tempat Umum Dibatasi, Siswa Belum Vaksin Kedua Dilarang Ikut PTM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.