Pangdam pimpin pelaksanaan vaksin di Balikpapan pada Kamis (28/1/2021)

Pimpin Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Ini Pesan Pangdam VI/Mulawarman

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto, M.M., M.Tr. (Han) pimpin acara pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kodam VI/Mulawarman yang berlangsung di Aula Kesdam VI/Mulawarman, (28/1/2021).

Sebelumnya diketahui bahwa, pemerintah telah mengembangkan riset dengan menemukan vaksin Covid-19 buatan Sinovac untuk menangkal Covid-19 yang telah diuji secara klinis di Bandung sejak Bulan Agustus 2020 dan telah melalui proses pertimbangan ilmiah serta hasil uji klinis dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut dalam sambutannya Pangdam mengungkapkan jika saat ini masih terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur masih menunjukan lonjakan aktif, dengan adanya penambahan kasus yang terkonfirmasi semakin meningkat setiap harinya.

“Di Kalimantan Timur kasus Covid – 19 angkanya juga semakin tinggi, bahkan setiap hari mencapai 500 kasus terkonfirmasi Positif, dan Kaltim sekarang berada di urutan ke 6 dalam kasus Nasional,” ucapnya, sebelum melakukan vaksin.

Pangdam juga berharap agar Vaksinasi yang dilaksanakan sekarang ini bisa memberikan yang terbaik sehingga dapat mengurangi angka penyebaran Covid-19 itu sendiri.

“Semoga vaksinasi dapat menjadi solusi terbaik untuk memberikan kekebalan imunitas, sehingga Covid – 19 dapat ditangani dengan baik dan tidak menyebar kemana-mana,” harapnya.

Kolonel Ckm Puguh Santoso, selaku Kakesdam VI/Mulawarman turut menyampaikan bahwa di jajaran Kesdam VI/Mlw terdapat 7 faskes yang bisa melaksanakan vaksinasi. ”6 faskes tersebut sudah melaksanakan vaksinasi sejak tanggal 15 Januari 2021 dan sebanyak 213 orang tenaga Kesehatan yang terdaftar di Dinas Kesehatan masing – masing sudah melaksanakan Vaksinasi,” ungkapnya.

Menurut penjelasan Kakesdam sendiri, pada tanggal 27 Januari 2021 RS TK. II Dr. R. Hardjanto Balikpapan sudah menerima Vaksin dari Dinkes Kota Balikpapan sebanyak 402 Vaksin, dimana 1 Vial di peruntukkan Pangdam VI/Mlw ( Vaksinasi kedua), 1 Vial diperuntukkan Wakil Ketua DPRD Prov. Kaltim ( Vaksinasi kedua ) dan 400 Vial untuk tenaga kesehatan RS Tk II dr. Hardjanto dan Kesdam VI/Mlw ( Vaksinasi pertama ) serta pelaksanaannya selama 4 hari, dan setiap hari 100 orang tenaga kesehatan yang akan di Vaksin.

Baca juga ini :  Greg Nwokolo Tampil di Piala Gubernur Kaltim

Disamping itu setelah divaksinasi, Pangdam VI/Mlw dihadapan media menyampaikan bahwa tidak ada gejala yang mengganggu atau pun berbeda dari keadaan tubuh sebelumnya sehingga program vaksin ini tentu akan baik untuk semuanya dan tidak perlu takut jika dilakukan vaksinasi Covid-19.

“Setelah dilaksanakan vaksin sejauh ini tidak ada hal berbeda dari kondisi awal hanya pada saat disuntik Memang terasa tapi habis itu tidak ada masalah, jadi sejauh ini memang vaksin juga tidak ada masalah,” sebutnya.

Selain itu, Pangdam juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat agar menyiapkan diri untuk melaksanakan vaksin dan tentunya sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan. “Satu hal yang penting bagi kita semua bahwa setelah divaksin kita harus tetap melaksanakan disiplin protokol kesehatan yaitu dengan tetap memakai masker mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.