Home / iniFLASH / PLN Revisi Target Konsumsi
Petugas PLN (sumber net)

PLN Revisi Target Konsumsi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PT. PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) terus meningkatkan konsumsi listrik. Pasalnya, selama pandemi covid-19 konsumsi listrik mengalami penurunan. Akibat dari sektor jasa khususnya perhotelan dan restoran memilih tutup sementara selama dua bulan.

General Manager PLN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara), Sigit Witjaksono menjelaskan perseroan terus mendongkrak konsumsi listrik yang berkaitan langsung dengan pendapatan. Tahun lalu, kenaikannya mencapai 8,68 persen.

“Karena Corona ada adjusment [penyesuaian]. [Saat normal] kita perkirakan akan tumbuh 8,3% dibandingkan tahun lalu. Secara hitungan kami, penyesuaiannya bisa mencapai 2,24%,” jelasnya.

Penurunan ini terjadi karena industri jasa dan hiburan seperti hotel dan mall sedikit menggunakan setrum. Penyebabnya sektor tersebut tidak beroperasi. Meski ada penyesuaian konsumsi listrik, PLN Kaltimtara tetap akan memaksimalkan bertambahnya pelanggan. Perseroan masih surplus 700 MW.

Tahun lalu, dari total pelanggan yang ada di Kaltimtara, sudah ada 97% yang menikmati listrik. Ada beberapa faktor tambah Sigit. “Khususnya bagi daerah yang kondisi geografisnya cukup sulit tetap diupayakan untuk tersambung,” ujarnya.  

Selain itu, pihaknya juga menargetkan ada tambahan 75.000 pelanggan baru pada tahun ini. Kondisi tersebut sebelum pandemi Covid-19 atau virus Corona menyebar di Indonesia. “Tahun 2019, pelanggan baru PLN Kaltimtara sekitar 76 ribu,” imbuhnya.

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Pemkot Balikpapan Belum Terapkan Kepmenkes Terbaru, Ini Alasannya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 belum menerapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.