PLTS Derawan

PLTS Derawan, Menuju Green Island Wisata Pulau Derawan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PLN memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di salah satu destinasi wisata di Kaltim yakni Pulau Derawan, Kabupaten Berau.

Pulau Derawan memiliki pesona wisata bahari yang memukau karena keindahan alam bawah lautnya. Kehadiran panel surya di Pulau Derawan diharapkan menjadi cikal bakal Green Island Wisata Pulau Derawan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kaltim Kaltara  (Kaltimra) Joice Lanny Wantania, mengatakan bahwa hadirnya PLTS Derawan merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia melalui pemanfaatkan energy baru terbarukan.

“Hadirnya PLTS di Pulau Derawan menunjukkan komitmen PLN dalam penggunaan sumber listrik ramah lingkungan, sekaligus untuk meningkatkan bauran energi hijau di Indonesia”, ujar Joice dalam siaran persnya

Dikelola oleh PLN UIW Kaltimra sejak tahun 2012, PLTS Derawan beroperasi dengan daya mampu maximum hingga 80 kilo watt peak (kWp) untuk menyuplai listrik warga kepulauan Derawan.

Menurut Joice, keberadaan PLTS Derawan terus diperbaiki dan direvitalisasi sehingga bisa memberikan suplai listrik yang lebih stabil bagi warga setempat.

“Saat ini kami fokus melakukan pengelolaan agar operasi PLTS Derawan bisa maksimal. Kedepannya kami rencanakan untuk melakukan revitalisasi panel surya untuk meningkatkan kapasitas hingga 190 kWp”, tambahnya.

Melalui PLTS Derawan, PLN berharap kedepannya dapat mewujudkan kawasan wisata Green Island Pulau Derawan yang semakin ramah lingkungan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Sektor Industri Dongkrak Penggunaan Listrik di Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.