Program Bantuan Seragam Sekolah Tetap Berlanjut

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com  – Pemerintah Kota  melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan telah mulai membagikan seragam sekolah gratis untuk murid baru SD dan SMP tahun ajaran 2022-2023.

“Seragam (sekolah) sudah sampai sekolah, dan sekolah tinggal dibagikan saja,” ujar Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud kepada media, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya informasi pendistribusian seragam sekolah gratis dari Kepala Disdikbud Kota Balikpapan Purnomo, sudah tiba di Balikpapan pada pekan lalu.

“Untuk tahun depan murid atau siswa baru masuk sesuai arahan Dinas Pendidikan ketika anak itu mendaftar dan masuk di sekolah tersebut, kelengkapan data dan ukuran seragam sekolah sudah diterima dan langsung siswa tersebut mendapat seragam sesuai ukuran,” ujar Rahmad.

Rahmad Mas’ud menjelaskan bahwa selama dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota, pada tahun depan InsyaAllah akan dilanjutkan program seragam gratis bagi siswa SD kelas 1 dan SMP kelas 7.

“Program ini akan terus lanjut selama saya masih jadi Wali Kotanya,” kata Rahmad.

Sedangkan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud Kota Balikpapan Purnomo mengatakan, pihaknya saat ini memang belum menjadwalkan rencana pembagian seragam sekolah gratis kepada siswa. Hal itu karena jenis seragam sekolah gratis yang akan dibagikan belum lengkap yang diterima oleh sekolah.

Saat ini, yang sudah disalurkan baru seragam putih merah untuk sekolah dasar (SD) sederajat dan seragam putih biru ke sekolah menengah pertama (SMP) sederajat. Serta seragam pramuka yang juga telah didistribusikan ke seluruh SD dan SMP.

“Seragam itu untuk yang tahap pertama, yang pakaian nasional sudah masuk, sudah dibagikan ke sekolah, putih biru dan pramuka. Nanti hari Kamis (Besok), baru datang batik Balikpapan,” ujar Purnomo.

Baca juga ini :  Jalan Baru Kampung Kuin Kecil Bisa Dilalui Kendaraan Bermotor

Ia menyampaikan bahwa pihaknya baru akan menjadwalkan pembagian seragam sekolah gratis kepada siswa, setelah seluruh paket yang akan dibagikan lengkap. Sehingga bisa dibagikan sekaligus

“Kita nunggu lengkap dulu baru kita serahkan kepada anak-anak. Supaya satu kali kerja bisa selesai semuanya. Untuk simbolis, mudah-mudahan ada waktunya pak Wali, bisa kita simboliskan,” terangnya.

Dia menambahkan, bahwa total seragam yang akan dibagikan tercatat mencapai lebih dari 80 ribu stel untuk siswa di tingkat SD, SMP dan kesetaraan.

“Masing-masing siswa baru dari tingkat SD hingga SMP akan diberikan 3 stel seragam yakni baju sekolah untuk SD putih merah , untuk SMP putih biru, baju pramuka dan baju batik Balikpapan,” tuturnya

Total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 23 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan 2022.

Program ini merupakan realisasi atas janji politik Wali Kota Balikpapan saat ini, Rahmad Mas’ud ketika mencalonkan diri sebagai kepala daerah di Pilkada Balikpapan 2020 lalu.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.