Home / iniFLASH / RT 38 Kelurahan Baru Tengah dan Puskesmas Sepinggan Raih Award CGH 2018

RT 38 Kelurahan Baru Tengah dan Puskesmas Sepinggan Raih Award CGH 2018

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – RT 38 Kelurahan Baru Tengah dan Puskesmas Sepinggan meraih juara pertama dalam lomba clean green healthy (CGH) Awarding 2018 yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan.

RT 38 Kelurahan Baru Ilir meraih juara untuk tingkat RT. Sedangkan Puskesmas Sepinggan meraih juara untuk tingkat kantor pemerintahan. Penyerahan pemenang diserahkan Walikota Rizal Effendi didampingi Istri di gedung Sport Center, Sabtu (17/11).

Sementara RT 41 Kelurahan Manggar Baru meraih juara kedua, RT 32 Klandasan Ilir meraih juara tiga,
RT 31 Kelurahan Gunung Samarinda meraih juara harapan satu, RT 12 Kelurahan Karang Jati meraih juara harapan dua dan RT 01 Kelurahan Sepinggan meraih juara harapan tiga.

Sedangkan untuk Puskesmas Manggar Baru meraih juara kedua, PDAM Balikpapan meraih juara ketiga, Puskesmas Muara Rapak meraih juara harapan satu, Kelurahan Damai Baru meraih juara harapan dua dan Kantor Kecamatan Balikpapan Barat meraih juara harapan tiga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto mengatakan, lomba CGH itu tujuan utamanya untuk mengurangi sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Manggar. Termasuk kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Poin mencakup kepedulian pada lingkungan hidup, praktek-praktek di perkantoran seperti efisien penggunaan bahan yang berpotensi menjadi sampah seperti penggunaan kertas,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sebelum lomba para peserta mendapatkan bekal pelatihan mulai dari teori hingga praktik seputar apa yang harus dilakukan untuk lingkungan sekitarnya. Khususnya bagaimana menciptakan lingkungan yang CGH.

“Kita latih mereka kita bekali dan diberikan praktek di lapangan. Dan penilaian bukan dari kita tapi tim independen bukan unsur pemerintah ,” ujarnya

Pelaksanaan CGH tahun ini jumlah peserta memang lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. Bahkan pada 2017 lomba CGH tidak digelar karena ada perubahan organisasi perangkat daerah (OPD) dari sebelumnya Dinas Kebersihan ke Dinas Lingkungan Hidup.

Sebelum penguman dan penyerahan hadiah bagi pemenang, diisi dengan berbagai penampilan anak -anak sekolah yang menggunakan pakaian atau dilengkapi media barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Di sekitar acara juga terdapat sejumlah stan hasil karya siswa-siswa sekolah dasar dan SMP yang menampilkan kerajinan tangan produk-produk daur ulang maupun penganan dari Balikpapan seperti buah naga, salak hingga madu.

Comments

comments

About glen

Check Also

BRU 44 Singgah Sehari di Balikpapan, 6 Kawannya Pekerja Alat Berat Positif  Covid

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –Tim Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan menemukan klaster baru dari pekerja alat berat tambang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.