Panen udang Lapas Klas IIA Balikpapan

Selain Budidaya Udang, Lapas Balikpapan Juga Budidaya Ikan Lele dan Nila, Termasuk Peternakan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klas IIA Balikpapan melakukan panen udang vaname hasil budidaya warga binaan pada Jumat (12/11/2021)

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kaltim Kementerian Hukum dan HAM Jumadi mengatakan, budidaya udang tersebut dilakukan karena Balikpapan berada dipesisir.

“Karena latarbelakangnya kita semua adalah daerah pesisir ada yang kita coba mengembangkan budidaya udang vaname ini dengan air laut,” ujarnya disela-sela panen.

Di dampingi Dinas Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan setelah beberapa kali percobaan dari pembibitan akhirnya budidaya udang  berhasil dan kini bisa panen.

“Tentunya ini kita coba mulai dari kecil pembibitan, alhamdulilah setelah sekian kali percobaan dan kali ini bisa berhasil. Mungkin ini yang kedua kali perikanan seperti ini,” katanya.

Harapannya  bisa menjadi contoh masyarakat Kota Balikpapan ditengah pandemi covid-19 melakukan kegiatan yang produktif. Karena bisa meningkatan pendapatan keluarga.

“Harapan saya mudah-mudahan ini bisa dikembangkan oleh masyarakat dan oleh kita. Memang tantangannya adalah dari segi air, jadi airnya harus kita ambil dari air laut,” ujarnya

“Tentunya ada nilai ekonomis, tentunya yang pertama kita berikan pelatihan bagi warga binaan. Harapannya daerah berkembang dan bisa menyumbang pendapatan dia sendiri.”

Harga udang vaname di pasaran juga cukup tinggi mencapai Rp 80 ribu per kilogram dan sekiatar Rp 100 -120 ribu jika dijual hidup. Sehingga akan menambah pendapatan keluarga.

“Karena udang vaname ini kalau dijual mentah adalah sekitar 80 ribu satu kilonya kalau informasi dari pasar dan kalau dijual hidup itu mencapai 100 ribu harganya,” ujarnya.

Budidaya udang vaname bisa dilakukan di rumah dengan hanya kolam kecil. Dimana satu kolam maksimal bisa menampung hingga 10 ribu ekor dan minimal 5 ribu ekor.

Baca juga ini :  Komnas KIPI: Tidak Ada Yang Meninggal Karena Vaksinasi Covid-19

“Perkiraan kami kalau satu rumah memiliki satu kolam kecil bisa membantu perekonomian kita. Ini kan bukan yang sifatnya pekerjaan inti bisa juga sebagai pekerjaan tambahan,” ujarnya

Bahkan kata dia, sudah ada rumah makan yang pesan 3 kolam dan sudah mengecek langsung. “Kolam undang untuk vaname 3 dan kolam besar tadi sudah dipesan rumah makan,” ungkapnya.

Lapas Balikpapan juga budidaya ikan lele dan nila. Bahkan untuk ikan lele sudah pernah panen. “Dan ada perkebunan pisang selama ini sudah sering panen, juga ada peternakan bebek,” katanya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.