Septinus Kartu Merah, Persiba Gagal Curi Poin di Tuban

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Persiba Balikpapan gagak memenuhi ambisinya mencuri poin dikandang Persatu Tuban. Tim asuhan Satia Bagdja itu harus menelan pil pahit setelah ditaklukkan tuan rumah 0-1 dalam lanjutan liga 2 di stadion Bumi Wali, Sabtu (14/09) petang,

Kekalahan tersebut, membuat langkah Beruang Madu lolos ke babak delapan besar semakin berat. Persiba bahkan harus turun satu trip diperingkat 7 klasemen sementara Wilayah Timur, digusur Persewar Waropen yang pada saat bersamaan menang atas Persik Kediri 2-0.

Dalam susunan pemain, terlihat Pelatih Persiba Satia Bagdja melakukan perubahan khususnya dilini tengah. Mantan Pelatih Timnas Putri itu menurunkan dua pemain bertipe gelandang bertahan, Septinus Alua dan Stevanus Bungaran untuk meredam agresifitas tuan rumah.

Strategi itu sebenarnya cukup berhasil, karena alur serangan Persatu mampu dihentikan lini tengah Persiba. Namun, meskipun mampu menahan gempuran tuan rumah, Persiba juga tetap kesulitan untuk melancarkan serangan ke pertahanan Persatu.

Hingga pertengahan paruh pertama, tak ada peluang emas yang mampu diciptakan kedua tim. Lini pertahanan Persatu dan Persiba sama-sama mampu menutup setiap peluang yang coba diciptakan para pemain depan kedua tim.

Namun menit 36, petaka menghampiri tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan. Wasit mengusir Septinus karena dianggap melakukan protes berlebihan. Wasit memberikan dua kartu kuning langsung kepada mantan pemain PSIS Semarang itu.
Kartu kuning kedua diberikan wasit ketika itu, karena terlihat tangan pemain berdarah Papua itu menyentuh wasit. Septinus nampaknya tidak puas dengan keputusan pengadil lapangan itu yang menganggapnya melakukan pelanggaran.

Setelah kehilangan Septinus, praktis Persatu makin gencar melakukan serangan. Terus-terus digempur, akhirnya jebol juga gawang Persiba yang dijaga Riki Pambudi melalui tandukkan Jejen Zainal menit ke 45, memanfaatkan umpan crossing dari sisi kiri pertahanan Persiba.

Baca juga ini :  KPPU Awasi Potensi Pelanggaran Pasca Gojek dan Tokopedia Merger

Di babak kedua, Persatu tetap tampil agresif dengan mengempur pertahanan Persiba. Tercatat ada dua peluang emas yang diperolehn Mamadou dan Zainal yang sudah berhadapan dengan kiper Persiba. Namun tendangannya masih menyamping.

Satia Bagdja sebenarnya melakukan tiga pergantian untuk menambah daya gedor Persiba. M. Said, Indra Setiawan dan Tambun Naibaho dimasukkan menggantikan Andre Dio, Beni Oktovianto dan Ismail Haris . Namun sayangnya tidak banyak berpengaruh pada permainan Persiba.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang, berakhirnya babak kedua, Persatu mampu mempertahankan keunggulannya.

Susunan Pemain :
Riki Pambudi (GK) Adam Maulana, Ngurah Nanak, Imam Mahmudi, Irsan Lestaluhu Stefanus Bungaran, Septinus Alua Beni Okto, Andre Dio, Reza Saputra Ismail Haris

Cadangan

Ferdiansyah (GK); Taufiq Kasrun, Anis Mujiono, Muhammad Said, Yusuf Effendi, Tambun Naibaho, Indra Setiawan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.