Studi: Anak-Anak Habiskan Banyak Waktu di TikTok Ketimbang Youtube

BALIKPAPAN, inibalikpapan.com- Dalam studi terbaru yang dikutip dari Techcrunch, anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di TikTok daripada YouTube, menunjukkan persaingan ketat antara kedua platform.

Menurut laporan Qustodio, anak-anak usia 4-18 tahun rata-rata menghabiskan 112 menit setiap hari di TikTok pada tahun 2023, meningkat dari 107 menit tahun sebelumnya.

Meskipun YouTube tetap menjadi platform streaming terbesar, penggunaan TikTok oleh anak-anak melonjak 60% tahun lalu. Studi ini, melibatkan lebih dari 400.000 keluarga dan sekolah di seluruh dunia, memberikan gambaran tentang kebiasaan digital anak-anak.

Meski hanya mencakup rumah tangga dan sekolah yang menggunakan kontrol orangtua, data tersebut memberikan wawasan tentang tren keterlibatan anak-anak dengan teknologi.

Pentingnya platform seperti OpenAI juga terungkap, dengan hampir 20% anak-anak mengakses situs ini pada tahun 2023.

Sementara waktu menonton layanan streaming secara keseluruhan meningkat, Netflix mengalami penurunan, sedangkan YouTube dan YouTube Kids mencatat rekor baru dengan peningkatan waktu tonton.

Perubahan signifikan juga terjadi dalam penggunaan aplikasi sosial, di mana TikTok memimpin dengan 44% di tingkat global. Snapchat menjadi aplikasi paling banyak digunakan, sedangkan Reddit, Instagram, dan Pinterest menonjol sebagai aplikasi sosial terpopuler.

Dalam dunia game, Roblox mendominasi dengan 48% penggunaan.Qustodio memberikan saran kepada orang tua untuk mengelola penggunaan teknologi anak-anak.

Meskipun alat kecerdasan buatan diprediksi akan tumbuh 40% per tahun, hanya 6% anak-anak usia 10-13 tahun yang mengklaim menjadi pengguna aktif, memberikan pandangan mendalam tentang tren masa depan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Jelang Pergantian Tahun, Lanal Balikpapan Gelar Doa Bersama Serentak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.