Survei / ikustrasi / info.populix.

Survei Polling Institute Terbaru, Gerindra Ungguli PDIP

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Partai Gerindra mengungguli PDPI yang selama ini menempati peringkat pertama dalam berbagai survei. Hal itu berdasarkan survey yang dilakukan Polling Institute.

Survei survey terbaru yang dilakukan, pada 15-19 Desember 2023, Partai besutan Prabowo Subianto itu mengalahkan Partai besutan Megawati Soekarno Putri.

“Jika pemilihan anggota DPR diadakan sekarang ini, partai atau calon dari partai mana yang akan Ibu/Bapak pilih dari daftar partai berikut ini?,” demikian dilansir dari Suara.com jaringan inibalikpapan.

“Sementara ini Gerindra 18,8 persen, berikutnya PDIP 17.7 persen, Golkar 9.4 persen, PKB 8 persen, NasDem 6.8 persen, PKS 6.1 persen, Demokrat 6 persen, PAN 4.3 persen, sementara partai lainnya kurang
dari 4 persen,”

Meski demikian, ada responden yang belum menyebutkan pilihan 13.5 persen. Untuk partai yang di bawah 1 persen ada Partai Ummat, Hanura, Gelora, PBB, PKN, Buruh, dan Garuda.

Adapun alasan utama mereka memilih partai tersebut karena terbiasa memilih partai tersebut, karena suka dengan Prabowom karena partai tersebut mendukung capres yang saya suka.

Dari survei ini juga menunjukan tren pemilihan partai di DPR RI. Hasilnya PDIP cenderung menurun semenjak Agustus 2023.

“Sementara Gerindra cenderung mengalami penguatan, sementara partai lainnya cenderung stagnan dibanding Agustus,”

Sasaran populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Sampel sebanyak 1230 responden dipilih melalui kombinasi metode Random Digit Dialing (RDD) (322 responden) dan Double Sampling (DS) (908 responden). RDD adalah proses pembangkitan nomor telepon secara acak, sementara DS adalah pengambilan sample secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

Baca juga ini :  Lahir Saat Momen Pemilu, Seorang Bayi di Jember Diberi Nama M Prabowo Gibran

Sementara margin of error survei diperkirakan ± 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.