Tahun Ini Terjadi 35 Bencana Kebakaran di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan mencatat tahun ini terjadi penurunan jumlah kebakaran. Karena sepanjang tahun ini teradi 35 musibah kebakaran. Lebih banyak tahun kemarin.

“Jumlah ini menurun ya kalau bandingkan tahun 2015 sebanyak 46 kejadian kebakaran,” ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Balikpapan Ambo Dai.

Menurutnya, turunnya jumlah bencana kebakaran tersebut, tidak terlepas dari makin tingginya tingkat kesadaran masyarakat terutama dalam pencegahan. Kendati demikian, BPBD terus aktif mengingatkan masyarakat.

“Kami melihat kepedulian masyarakat dalam pencegahan kebakaran sudah tumbuh. Ini bagian dari upaya kami yang terus menerus melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, untuk menekan angka kabakaran, BPBD juga bekerjasama dengan sejumlah organisasi dan lembaga relawan yang memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, seperti Orari, RAPI, Tagana, Info bencana, Balakar Cana, dan PMI.

“Terjadinya kebakaran itu disebabkan banyak faktor. Misalnya hubungan arus listrik karena pengaturan jaringan kabel kurang cermat. Banyak faktor kelalaian yang bisa ditimbulkan, termasuk juga padatnya pemukiman penduduk,” ujarnya,

BPBD Balikpapan memiliki 16 unit mobil pemadam (brandweer). Dalam pengendalian kebakaran juga dibantu sejumlah petugas dan unit pemadam dari beberapa perusahaan Migas di Balikpapan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Ini Jumlah Rumah Yang Terbakar di Jalan Soekarno Hatta Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.