Suasana salat gerhana di Masjid Istiqomah Balikpapan, tepat mulai Fase 1 gerhana dimulai.(foto: syfa)

Umat Islam Balikpapan Gelar Sholat Gerhana Serentak Pukul 07.33

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Umat muslim Balikpapan pagi ini akan serentak melaksanakan sholat gerhana pada pukul 07.33 wita.

MUI Balikpapan telah mengimbau masyarakat muslim untuk bersama-sama melaksanakan sholat gerhana Rabu pagi. Pelaksanaan sholat dua rakaat ini dapat dilaksanakan saat momen gerhanan matahari terjadi. Di Balikpapan momen GMT pada pukul 08.33 wita.

“Kita laksanakan sholat dua rokaat serentak diseluruh masjid dan mushola. Pak Kh Anas (Ketua MUI bidang Fatwa) bilang sholat saat posisi gerhana terjad,” tuturnya Sekum MUI Balikpapan HM Jailani pagi ini (9/3/2016)

Sebelum sholat gerhana matahari total dilaksanakan umat islam di Balikpapan sudah dapat mendatangi masjid dan mushola pada pukul 06.30 wita guna melakukan rangkain zikir dan doa. “Kita minta datang sebelum pelaksanaan untuk kita lakukan zikir dan doa dulu,” katanya.

Pihaknya berharap, para pejabat juga dapat melaksanakan sholat gerhana bersama umat muslim lainya. “Harapan seperti. Tapi memang semuakan mau lihat gerhana. Sedangkan pelaksanaan sholatnya pas momen terjadi gerhana. Sebenarnya sebentar saja sholatnya kan hanya dua rokaat,”imbuhnya.

Selain di pusatkan di At Taqwa, sholat gerhana juga digelar pula masjid Istioqomah serta lingkungan masyarakat. Sejak Selasa sebelum magrib, pengurus masjid mengumumkan kepada jamaahnya. Seperti yang terjadi di masjid Al Hilal kawasan Gunung Sari.

Terpisah, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh juga menghimbau agar umat muslim melaksanakan sholat gerhana matahari sebagai bentuk syukur atas kejadian alam yang terjadi sangat langka. “Kalau menonton atau melihat GMT ya itukan ada bagian-bagian seperti peneliti astronomi. Yang utama sebenarnya dengan adanya gerhana ini kita lebih bersyukur mestinya semua masyarakat dengan rasa syukurnya marilah kita melaksanakan sholat gerhana bersama-bersama bukan sebagai ajang hura-hura,” tandasnya.

Baca juga ini :  Hampir 5 Jam Kantor Golkar Didatangi Warga, AMPI Golkar Bantu Sediakan Minyak Goreng Rp28 ribu

Untuk persiapan GMT yang dilaksanakan Dispora sepanjang pantauan DPRD sudah cukup baik . “Tapi itukan durasinya tidak lama hanya beberapa menit. Mungkin kalau wisatawan datang hanya satu dua hari saja di Balikpapan tapi wisata yang betul-betul orang kayak di Bali orang bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan itu yang kami harapkan. Konsep itu yang kami tunggu itu belum ada,” tandasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.