Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat menggelar konfrensi pers

Update 17 Mei 2020 : Nol Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 7 Kasus PDP Baru, 1 Sembuh

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan kembali merilis kasus terkonfirmasi positif covid-19, Minggu (17/05). Hasilnya tak ada penambahan kasus positif baru dan masih tetap 46 kasus positif covid-19.

“Total pasien yang terkonfirmasi positif tidak mengalami perubahan tetap 46 kasus,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effenid saat menggelar konfrensi pers.

Kabar gembira, karena ada 1 pasien yang sebelumnya positif covid-19 dinyatakan sembuh. Setelah dilakukan 2 kali berturut-turut pemeriksaan test cepat molekuler (TCM) di rumah sakit Kanudjoso Datiwibowo hasilnya negatif.

“1 pasien yang terkonfirmasi positif dengan kode BPN 38 yang dirawat sejak 28 April 2020 hasil swabnya 2 kali negatif berturut-turut dengan TCM RSKD sehingga dinyatakan boleh pulang,” jelasnya.

“Dengan demikian pasien positif kita yang dirawat berkurang 1, kalau kemarin 15 hari ini menjadi 14. Demikian juga pasien sembuhnya dari 29 menjadi 30,” ujarnya.

Sementara 5 hasil pemeriksaan swab ulangan yang dilakukan, hasilnya masih tetap positif covid-19 sehingga masih tetap dirawat di rumah sakit.

Lalu pasien dalam pengawasan (PDP) PDP ada 7 yang hasilnya swabnya negarif sehingga bisa pulang ke rumah atau keluar dari rumah sakit. “Jadi masih tetap harus dirawat, karena hasil pemeriksaan laboratoriumnya masih positif,” ucapnya.

“Akan tetapi kita juga mendapatkan tambahan 10 PDP baru, bah 10 PDP baru dari hasil rapid test mandiri yang dilakukan beberapa rumah sakit swasta,”ungkapnya.

Dengan bertambahnya kasus 10 PDP baru sehingga jumlah PDP seluruhnya menjadi 169 kasus dan yang masih menjalani perawatan di rumah sakit 33 kasus. “PDP yang dirawat kalau kemarin 30 hari ini menjadi 33, PDP sembuh kita 121 hari ini menjadi 128,” ujarnya.

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) berkurang sebanyak 42 kasus dari sebelumnya 297 kasus menjadi 255 kasus. “Kalau kemarin 297 orang hari tercatat 255 orang. Jumlah spesimen yang masih dalam pemeriksaan masih ada 34,” debutnya.

Baca juga ini :  Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kaltara Masih Tinggi, Kaltim Tertinggi Testing Rate

“Pada hari ini memang menerima 13 hasil swab baik dari Balai Besar Laboratoium Kesehatan (BBLK) Surabaya maupun TCM rumah sakit Kanudjoso.” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri juliarty menambahkan, pasien sembuh berasal dari Klaster Magetan. “Pasien sembuh hari ini laki-laki usia 19 tahun dari Klaster Tamboro (Magetan),” tambahnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.