Home / iniFLASH / Wali Kota Imbau Khatib Shalat Id Menyampaikan Ceramah yang Menyejukkan
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Wali Kota Imbau Khatib Shalat Id Menyampaikan Ceramah yang Menyejukkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengimbau kepada para khatib Shalat Idul Fitri menyampaikan ceramah agar menyejukan dan mengajak umat untuk merekatkan tali silaturahmi serta persaudaraan.

Hal itu sejalan dengan imbauan Kementerian Agama (Kemenag) agar para khatib Salat Idul Fitri untuk tidak memberikan ceramah yang bermuatan politik. Sebab tema tersebut dapat merusak makna kesucian hari raya Idul Fitri.

“Isinya yang sejuk, mengajak kita bersatu, membina tali silaturahim saling bermaafan supaya suasana kota dan bangsa benar-benar sejuk. itulah makna penting dari Idul Fitri kita beragam tapi bersatu mudah-mudahan kita semua meraih kemenangan,”ujarnya.

Imbauan yang sama juga disampaikan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Balikpapan Ustad Jaelani agar khatib dalam menyampaikan ceramah yang sejuk dan mengajak umat pada persatuan dan kesatuan menuju keharmonisan.

“Ya kita khawatirkan ada yang masih berbau-bau politik dan sebagainya. Kalau bisa besok khotbah lebih focus pada pembinaan umat karena umat kita disni kondusif baik interen maupun lintas antar umat beragama,” ujarnya.

Sementara untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri, PBHI telah mendapat laporan ada 21 titik lokasi diantaranya Lapangan Merdeka, Halaman Parkir Kodam VI Mulawarman, Halaman SPN, Halaman Parkir Hotel Benakutai maupun Halaman Parkir Plaza Balikpapan.

“Ada 21 titik yang laporan ke PHBI. Makanya pemerintah kota menugaskan beberapa pejabat untuk membacakan sambutan wali kota itu. Kalau toh ada masyarakat tidak melaporkan ya nggak apa-apa juga tapi kita tau,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota juga meminta warga waspada bahaya kebakaran maupun bencana banjir. Karena dalam beberapa hari terakhir, Balikpapan dilanda banjir di sejumlah titik, bahkan hingga sepingang orang dewasa.

 “Terutama musim hujan karena beberapa hari ini curah agak tinggi frekensi jadi hati-hati karena bisa banjir dan longsor tentu ini membuat kita tidak nyaman,” ujar Rizal.

Comments

comments

About glen

Check Also

Salat Idul Adha Diperbolehkan Digelar Dimanapun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan memastikan untuk Salat Idul Adha bisa dilaksanakan dimanapun, di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.