Suseno

Warga Diminta Waspada Penggunaan Kompor dan Listrik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam tahun ini terjadi dua kebakaran besar melanda di Kota Balikpapan. Hingga ratusan jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

Terbaru kebakaran yang melanda empat RT yakni RT 44,45,46,47 Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat pada Rabu (15/12/2021), sekitar pukul 12.30 Wita. Sebelumnya diberitakan ada 3 RT rumah yang terbakar.

Kebakaran tersebut diperkirakan menghanguskan 50 rumah dan ratusan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Kondisi itu sangat memprihatinkan ditengah pandemi covid-19

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno mengingatkan warga, salah satu yang harus diwaspadai adalah penggunaan kompor dan listrik.

 “Tentu dalam penggunaan kompor, listrik harus jadi perhatian bersama,” ujarnya kepada awak media.

Dia mencontohkan untuk penggunaan kabel listrik yang  sudah tidak layak lagi.  Sehingga seharusnya diganti. Namun tidak diganti, sehingga bisa menyebabkan arus pendek.

“Sepertri listrik misalnya, kabel ada usia pakainya, ada kapasitasnya, kan ada standarnya misalnya 15 tahun harus diganti, tapi kenyataanya kita sering lupa, itu yang sering terjadi,” katanya.

Disamping itu menggunakan kabel yang murah, sehingga justru sangat berbahaya. Karena hanya sementara. mencari yang murah. “Karena ini sifatnya sementara jadi menyambung kabel bahan yang murah,” ujarnya.

“Dengan isolator yang murah, kemudian disambung lagi jadi bebannya berat, itu menjadikan arus pendek dan sebagainya. Termasuk penggunaan listrik ngecas HP Itu hal sederhana tapi bisa menimbulkan arus pendek.”

Comments

comments

Baca juga ini :  DPRD Balikpapan Galang Bantuan untuk Korban Kebakaran, Ika Pakarti Buka Posko

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.