Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan

Waspada Penyebaran Virus Zika, Penumpang Masuk Bandara Sepinggan Balikpapan Diperiksa

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PT. Angkasa Pura I bekerjasama dengan instansi terkait meningkatkan kewaspadaan di Bandara Sepinggan Balikpapan terhadap resiko masuknya viru zika ke Balikpapan.
Pasalnya, berdasarkan info data dari WHO (World Health Organization), pada 27 hingga 31 Agustus lalu, dilaporkan adanya kasus penyakit Virus Zika di Singapura.

Karenanya sesuai dengan international health Regulations (IHR) dan Undang – Undang RI Nomor 04 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular, maka dilakukan pengawasan di bandara Sepinggan agar virus tersebut tidak masuk ke Balikpapan.

Bentuk kewaspadaan dan kesiapsiagaan tersebut yakni, melakukan pemeriksaan atau inspeksi sanitasi pesawat penerbangan dari Singapura. Melakukan pengawasan dan pemeriksaan sertifikat desinseksi.
Kemudian pemberian Health Alert Card (HAC) kepada pihak maskapai untuk diberikan kepada penumpang dari negara Singapura dengan tujuan Balikpapan – Indonesia.

Lalu melakukan kegiatan komunikasi informasi edukasi kepada para pelaku perjalanan dari Singapura dan masyarakat pelabuhan dan/atau bandara.

Pemeriksaan atau inspeksi sanitasi pesawat penerbangan dari Singapura yang dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Balikpapan. Termasuk melakukan kegiatan atau edukasi kepada para pelaku perjalanan dari Singapura dan masyarakat pelabuhan dan atau Bandara.

Kewaspadaan dan kesiapsigaan ini dilakukan oleh KKP dilengkapi dengan Thermalscan yang berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang. Thermalscan tersebut saat ini sudah ada di pintu kedatangan internasional Bandara Sepinggan Balikpapan.

Apabila suhu tubuh diatas 38 derajat celcius maka akan dilakukan observasi di klinik karantina dan apabila dinyatakan positif maka akan dilakukan rujukan ke rumah sakit yang ditunjuk.

“Kami akan terus melakukan koordinasi dan pengawalan bersama KKP BPN sebagai upaya pencegahan penyebaran virus zika khususnya di wilayah Balikpapan dan sekitarnya,” ujar Pujiono, General Manager Bandara Sepinggan Balikpapan

Baca juga ini :  Antisipasi Ancaman, Kendaraan Masuk Bandara Diperiksa Ketat Aparat

Virus zika ini telah mewabah dan menyebar di Asia Tenggara khususnya di Singapura dan Thailand sehingga Bandara Udara Sepinggan Balikpapan wajib mewaspadai ancaman penyebaran virus tersebut.

“Makanya salah satunya yang dilakukan pengecekan penumpang dari Singapura,” ujar Pujiono.
Adapun penerbangan untuk rute Singapura tujuan Balikpapan terdapat tiga kali penerbangan dalam satu minggu dengan menggunakan maskapai Silk Air.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.