Home / iniFLASH / 10.000 Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Teluk Balikpapan
Penanaman Bibit Mangrove yang dilakukan Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman

10.000 Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Teluk Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan –  sebagai upaya kepedulian terhadap penghijauan di pesisir Teluk Balikpapan, Polda Kaltim bersama Kodam VI Mulawarman melakukan penanaman 10.000 bibit mangrove di kawasan Mangrove Center Graha Indah Balikpapan, Jumat (21/2).

Penanaman ribuan bibit mangrove ini di pimpin langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto. Termasuk Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan. Tampak juga Ketua Bhayangkari Kaltim Ratu Diana Muktiono

“Yang terpenting adalah kami ingin mendorong dan mendukung seluruh masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon untuk kepentingan kita semua, kepentingan anak cucu kita nanti, supaya pantai ini tetep terjaga,” ujar Muktiono.

Mantan Koordinator Staf Ahli Kapolri dan Kapolda Sulawesi Selatan ini  berharap, kegiatan yang dilaksanakan tersebut, bisa menjadi pendorong bagi masyarakat sekitar untuk melakukan penanaman dan melakukan pemeliharaan.

“Mangrove dipilih karena sangat berguna untuk menyerap CO2 dan menghasilkan O2, sehingga mangrove juga dikenal sebagai paru-paru dunia,” ujarnya.

Selain itu lanjut pria lulusan Akademi Polisi 1985 ini menambahkan, mangrove juga selama ini sebagai habitat frora dan fauna kawasan pesisir. Termasuk menjadi  penahan lanju abrasi dan mampu meredam gelombang tsunami.

Sementara  Pengelola Mangrove Center, Agus Bae menyambut baik penanaman ribuan bibit mangrove tersebut. Kata dia, hal tersbut akan sangat membantu pelestarian mangrove yang luasannya terus berkurang khususnya di pesisir Teluk Balikpapan.

“Berbeda dengan sebelumnnya, mangrove yang ditanam ini menggunakan wadah bakul bukan plastik, upaya ini dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di kawasan pesisir,” ujarnya,

Comments

comments

About glen

Check Also

Minggu Depan DPRD Balikpapan Bahas KUA-PPS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pekan depan DPRD Kota Balikpapan akan mulai membahas kebijakkan umum anggaran prioritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.