Kapal feri di Pelabuhan Karingau Balikpapan
Kapal feri di Pelabuhan Karingau Balikpapan

17 Kapal Feri Disiapkan untuk Angkutan Arus Mudik di Pelabuhan Karingau

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD)) XVII Kaltim dan Kaltara telah menyiapkan 17 kapal feri pada arus mudik angkutan lebaran tahun ini yang melayani pemudik di Pelabuhan Penyebarangan Feri Karingau.

Namun dari 17 kapal feri tersebut, 12 kapal feri yang akan diopersikan. Sedangkan 5 kapal feri akan standby dan akan diopersikan jika ada lonjakan pemudik. Khusus untuk rute Balikpapan – Mamuju disiapkan 3 kapal feri dari biasanya hanya 2 kapal feri.

Kepala BPTD XVII Kaltim dan Kaltara, Felix Iryantomo mengatakan, angkutan lebaran yang disiapkan itu mulai 29 Mei hingga 13 Juni. Khusus untuk Pelabuhan Karingau melayani rute Balikpapan – Penajam, Balikpapan – Mamuju dan Balikpapan – Palu.

Sedangkan puncak arus mudik diperkirakan akan mulai pada 2 juni untuk rute Balikpapan – Penajam. Sementara untuk rute Balikpapan – Mamuju padal 1 juni  dengan persentase peningkatan 30 hingga 40 persen dibadingkan hari-hari bisa.

Felix Iryantomo mengungkapkapkan, untuk rute Balikpapan – Mamuju, mulai 25 Mei yang diopersikan oleh PT Jembatan Nusantara. Upaya ini dilakukan agar kejadian ratusan calon pemudik yang tidak terangkut pada lebaran tahun lalu tidak terjadi lagi.

Di Pelabuhan Penyebarangan Feri Karingau ini ada sebanyak 7 operator kapal feri yang siap melayani para pemudik diantaranya PT. ASP, PT. Dharma Lautan, PT. Sadena dan PT. Jembatan Nusantara.

Sebelumnya, BPTD XVU Kaltim dan Kaltara jauh-jauh hari sudah melakukan kesiapan transportasi menyambut arus mudik. Beberapa fasilitas dibenahi. Termasuk juga melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Gelandang Borneo FC Dipanggil ke Timnas, Berikut 27 Pemain yang Dipanggil

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.