Harry Truman Simanjuntak

Arkeolog Temukan Industri Logam di Lokasi Calon IKN

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com, Inibalikpapan.com – Selain menemukan menemukan gua yang dihuni manusia sejak puluhan tahun ribu silam, Tim Penelitian Arkeolog Nasional juga menemukan industru logam di lokasi calon Pusat Pemerintahan.

Letaknya berada di Desa Maridan, Kecamatan Sepaku atau sekitar 10 kilometer dari titik nol lokasi Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) baru, Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Maridan itu desa kira-kira 10 kilometer dari Sepaku (lokasi IKN). Nah disana kita temukan semacam industry peleburan logam ,” ujar Ketua Tim Peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Profesor Harry Truman Simanjuntak, Sabtu (29/05/2021).

“Jadi ini kelihatannya pusat industry disitu karena sebarannya sangat luas mulai dari tepi pantai sampai ke hulu sungai. Jadi untuk hari ini sudah terlacak minimal radius 3 kilometer wilayahnya sudah terindentifikasi,”

Tim Arkeolog menemukan bukti adanya aktifitas industry logam diwilayah tersebut, mulai dari peleburan besi maupun lainnya. Hanya saja, belum diketahui, kapan industry adanya logam itu. Karena masih perlu dilakukan penelusuran lebih jauh.

“Jadi ditemukan trak-trak besi, bahan untuk peleburan besi semacam laterit. Kemudian lelehan-lelehan besinya dan alat untuk melebur bahan itu, ada wadah pembakaran. Ini kita belum tahu juga, sejak kapan industry itu berkembang disana ,” ujarnya

“Tapi terlepas dari itu kita bisa mengatakan, bahwa diwilayah yang akan dijadikan IKN itu dulunya semacam pusat perkembangan logam paling tidak untuk local,”

Menurutnya, kemungkinan industry logam itu untuk kebutuhan di Kalimantan. Hany saja perlu lagi penelusuran. “Sangat memungkinkan perkembangan logam untuk Kalimantan. Tapi masih banyak tanda tanya yang belum kita bisa jawab,” ujarnya.

Kata dia, dengan temuan-temuan Tim Penelitian Arkeolog Nasional menunjukkan bahwa peradaban manusia sejak puluhan ribu tahun silam di lokasi calon Pusat Pemerintahan sudah banyak capaian yang dilakukan.

Baca juga ini :  Arkeolog Temukan Peradaban Manusia Puluhan Ribu Tahun Silam di Lokasi IKN

“Tapi dengan keberadaan itu setidaknya sudah tergambarkan bahwa diwilayah itu sudah dihuni para leluhur kita dan leluhur kita memiliki capaian-capain besar bagaimana, bagaimana mereka mengembangkan tekhologi metal,” ujarnya

“Itu sebuah capaian besar. Itu salah satu Mainstone dari peradaban manusia di dunia, setelah menemukan logam, mengetahui tekhnologi peleburan, pembuatan alat, peradapan cepat berkembang.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.