Arus Balik Mudik, 818 Penumpang Berangkat dari Pelabuhan Parepare-Balikpapan

Balikpapan – Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai melayani penumpang arus balik 2022. Total sudah ada 818 penumpang yang diberangkatkan di H+2 Lebaran di Pelabuhan Parepare menuju Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Hari ini atau H+2 total ada 818 penumpang arus balik. Itu dari KM Siguntang dan KM Lambelu,” kata ketua Posko Angkutan Lebaran Pelabuhan Nusantara Parepare Asrul kepada detikSulsel, Rabu (4/5/2022).

Asrul mengatakan kedua kapal itu akan menuju ke Pelabuhan Balikpapan, Kaltim. Rinciannya KM Siguntang 78 penumpang dan KM Lambelu 740 penumpang.

Penumpang arus balik mudik ini mengalami peningkatan sebesar 283,07 persen jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya 2021. Sementara pada 2019 terjadi penurunan -25,56 persen.

Adapun untuk momentum puncak arus balik, Asrul memprediksi akan terjadi pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5).

“Momentum cuti bersama berakhir pada Jumat sehingga prediksi kami pada Sabtu mulai banyak yang arus balik lagi,” sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala KSOP Parepare Triono mengatakan momentum arus balik mudik tidak akan separah arus mudik. Hal ini dikarenakan para pemudik memang memburu momentum Lebaran.

“Jadi misalnya mudik kan mereka paksakan pulang untuk Lebaran tetapi saat arus balik mereka masih biasa menunda,” kata dia.

Comments

comments

Baca juga ini :  Update Kasus 24 Desember 2021 : Bertambah 1 Kasus Covid-19 di Kaltim, 2 Kasus Sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.