Arus Mudik di Kalimantan Timur Mulai Padat

Balikpapan – Arus mudik terpantau padat baik angkutan laut, darat dan udara pada Sabtu (30/04/2022) hingga hari ini.

Kepadatan pemudik terlihat di sejumlah titik keberangkatan maupun kedatangan masyarakat yang mudik lebaran.

“Jadi, per Sabtu 30 April 2022, kondisi arus mudik jalur laut, udara dan darat di Provinsi Kaltim, baik datang maupun pergi terpantau padat,” ucap Kadishub Kaltim AFF Sembiring, Sabtu 30 April 2022.

Contohnya, terjadi peningkatan dan kepadatan penumpang di terminal Sungai Kunjang Samarinda yang mayoritas penumpang tujuan Muara Muntai.

Akibat kekurangan kendaraan bus, ada pengalihan 1 unit bus Damri dari terminal Lempake yang harusnya ke Bontang dialihkan ke Muara Muntai.

“Sehingga bus Damri jurusan Bontang dari Terminal Lempake, karena penumpang tidak terlalu banyak bisa dihandle PO lain,” jelasnya.

Kepadatan juga terlihat di Dermaga Sungai Kunjang Samarinda, dilaporkan ada 3 kapal yang dijadwalkan berangkat, yakni KM Nur Annnisa, tujuan Samarinda – Melak, penumpang 144 orang dan Barang (sembako) 10 Ton.

KM Akbar Amanda – 01, tujuan Samarinda – Long Bagun, penumpang 142 orang dan Barang (sembako) 60 Ton. KM Kurnia Fratama – 03, tujuan Samarinda – Muara Pahu, penumpang 57 orang dan Barang (sembako) 5 Ton.

Sementara, situasi di Pelabuhan Semayang Balikpapan terpantau aman, lancar dan terkendali.

“Kapal tujuan Surabaya keberangkatan sebelum lebaran (H1) terakhir hari ini (kemarin) Sabtu 30 April 2022 dan ada jadwal kembali tanggal 9 dan 10 Mei 2022,” ucap Sembiring.

Sedangkan kapal tujuan Pare-Pare keberangkatan sebelum lebaran (H1) terakhir hari Ahad 1 Mei 2022.

KM Bukit Siguntang tujuan Balikpapan – Tarakan diberangkatkan pukul 13.20 Wita. KM Dharma Rucitra VII tujuan Balikpapan – Surabaya diberangkatkan pukul 13.50 Wita.

Baca juga ini :  Wilayah IKN akan Dikembalikan Fungsinya Menjadi Hutan Tropis

Situasi di Pelabuhan Penyeberangan Ferry Kariangau Balikpapan terpantau aman, lancar dan terkendali. KMP Laskar Pelangi tujuan Balikpapan – Mamuju dijadwalkan berangkat hari ini. Jadwal keberangkatan/kedatangan kapal dari/di Pelabuhan Bontang sebelum H1 lebaran sudah tidak ada, dijadwalkan ada kedatangan/keberangkatan kapal tanggal 13 dan 17 Mei 2022.

Jadwal keberangkatan/kedatangan kapal dari/di Pelabuhan Samarinda sebelum H1 lebaran sudah tidak ada.

Humas Polda Kaltim 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.