Pembukaan Lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2019

Balikpapan Tuan Rumah Lomba O2SN dan FLS2N

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebanyak 656 siswa SD dan SMP Negeri se-Kota Balikpapan mengikuti Lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2019 yang dibuka Wali kota Rizal Effendi.

Setidaknya ada sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan dalam O2SN, diantaranya atletik, senam, bulutangkis, renang, pencaksilat dan karate. Sedangkan FLS2N yaitu lomba menyanyi, tari, pantomim, gambar bercerita dan kriya anyam.

Dalam kesempatanj itu, Rizal pun meminta agar dalam ajang olahraga tersebut, berlangsung secara sehat. Karena kata dia, O2SN dan FLS2N sangat berguna bagi siswa SD dan SMP karena akan mampu mengembangkan kretivitas, inovasi hingga berprestasi.

“Harapan kita tentu kontingen Balikpapan bisa berprestasi dalam olimpiade olahraga ini, hingga pada tingkat provinsi dan nasional,” ujar Rizal

Selain itu kata Rizal, kegiatan tersebut juga alan memberikan pengalaman bagi siswa SD dan SMP, khususnya dalam bekerjasama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan.

“Sesungguhnya semua itu untuk parameter kita dalam pembinaan olahraga kota Balikpapan dan prestasi dibidang tersebut, mulai dari tingkat SD,” ujarnya

“Para perserta bertandinglah dengan jiwa penuh semangat dan menjunjung tinggi sportifitas karena ini olahraga untuk meraih prestasi yang terbaik,”

Begitupun untuk para wasit, Rizal juga berharap, memimpin setiap pertandingan dengan professional dan menjunjung tinggi norma dan etik. Sehingga nantinya bisa m elahirkan bibit olahraga yang memiliki potensi masa dapan Indonesia.

“Untuk para guru dan pembina olahraga jadikan momen ini sebagai saranan evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik untuk lebih baik dan berprestasi,” ujarnya.

Ketua Panitia O2SN dan FLS2N, Ganung Pratikno menjelaskan, kegiatan tersebut, juga sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya fokus pada pencapaian kualitas akademik namun menyangkut aspek non akademik.

Baca juga ini :  Data Penerima Sembako Balikpapan, Ada Data Fiktif, Data Ganda, PNS dan Pegawai BUMN

“Tujuannya juga untuk meningkatkan kualitas dan meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga maupun seni. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang utuh sesuai karakteristik kebutuhan dan perkembangannya,” ujarnya.

“Bagi siswa yang juara dalam olimpiade dan festival seni ini akan ikut dalam kejuaraan nasional dan internasional. Lainnya siswa juga mendapat sertifikat berprestasi yang dapat digunakan pendaftaran sekolah melalui jalur siswa berprestasi.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.