Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto

Bank Indonesia Luncurkan QR Code Indonesia Standard

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bank Indonesia (BI) meluncurkan QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang akan mulai diberlakun efekstif secara nasional mulai 1 Januari 2020. Hal itu untuk mendorong efisiensi transaksi. Termasuk mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, sehingga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia maju.

“QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto saat peluncuran Senin Sore, (19/8).

Menurutnya, dengan QRIS masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel. Transaksi dengan QRIS juga menguntungkan pembeli maupun penjual. Karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. 

“Transaksi yang cepat dan “real time” akan mendukung kelancaran sistem pembayaran. Jadi hanya dengan satu kode QR dapat lebih mudah bertransaksi dan mempercepat pelayanan,” ujarnya

Peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.  QRIS disusun oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), dengan menggunakan standar internasional EMV Co. 

“Sebagai tahap awal dalam peluncuran,QRIS fokus pada  penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM) dimana penjual (merchant) yang akan menampilkan  QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran,” ujarny

Untuk tahap awal, pihaknya menargetkan pada pengenalan QR Code Indonesian Standard mengingat implementasi nya ditargetkan pada 1 Januari 2020. Sudah ada belasan merchant dan beberapa perbankan yang bergabung dalam program tersebut.

“Jadi sudah belasan merchant yang bergabung, kemudian saat bertransaksi tinggal tunjukkan QR Code. Pengisian saldo juga mudah,”ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Pertamina RU V Gerakan Donasi, Salurkan Bantuan Bencana di Kalsel dan Sulbar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Pekerja Pertamina RU V Balikpapan gelar donasi untuk korban bencana alam di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.