Jordi Amat dan Sandy Walsh dengan seragam timnas / laman PSSI

Besok Diambil Sumpah Jadi WNI, Jordi Amat dan Sandy Walsh Berpeluang Gabung Timnas di Piala AFF

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dua pemain keturunan Jordi Amat dan Sandy Walsh berpeluang gabung timnas Indonesia dalam Piala AFF 2022 yang berlangsung Desember 2022 – Januari 2023.

Pasalnya, kedua pemain tersebut rencananya akan diambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Kamis (17/11/2022). Setelah sebelumnya menjalani proses naturalisasi.

“Saya kemarin mendapatkan kabar bahwa pada Kamis 17 November 2022, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan disumpah oleh Kemenkumham RI sebagai Warga Negara Indonesia,” ujar Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan dilansir dari laman PSSI.

Sebelumnya kedua pemain tersebut, telah menjalani proses naturalisasi. Mulai dari interview di Badan Intelejen Negara (BIN), pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan persetujuan dari DPR RI.

Selanjutnya pada 9 November 2022, Presiden Joko Widodo telah menandatangani dan menerbitkan Keputusan Presiden )Keppres) Nomor 5 dan 6 Tahun 2022 tentang Naturalisasi keduanya.

Keppres tersebut telah diserahkan ke Menpora Zainudin Amali dan Kemenkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk ditindaklanjuti atau pengambilan sumpah sebagai WNI.

“Saya kemarin mendapatkan kabar bahwa pada Kamis 17 November 2022, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan disumpah oleh Kemenkumham RI sebagai Warga Negara Indonesia,” ujarnya.

Sandy Walsh melalui akun resmi twitternya @SandyWalsh_ memberi kode menuju ke Indonesia. Pemain keturunan Belanda itu menuliskan gambar pesawat dan bendera Indonesia  

“Untuk itu, saya telah meminta Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk datang ke Indonesia,” ujar Iriawan,

Seperti diketahui, pendaftaran pemain untuk Piala AFF paling lamabt 20 November 2022. Jika besok Sandy Walsh dan Jordi Amat diambil sumpah jadi WNI maka keduanya dibawa oleh Shin Tae-yong ke Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 bakal bergulir 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Baca juga ini :  Apindo Dorong Pembangunan Sambut IKN di Kaltim

“Alhamdulillah, terimakasih kepada semua pihak yang telah memperjuangkan hal baik ini. Semoga dengan bergabungnya Sandy dan Jordi, akan menambah kekuatan Timnas,” ucap Iriawan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.