Kondisi banjir di kawasan KM 17 Karang Joang, Balikpapan Utara. Senin pukul 08.00 Wita.(foto: jum for inibalikpapan.com)

Cuaca Ekstrem, BPBD Balikpapan Siaga 24 Jam

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sejak memasuki Desember cuaca ekstrem terjadi di Kota Balikpapan yakni curah hujan dengan intesitas tinggi disertai angin kencang. Hal itu membuat warga takut beraktifitas di luar rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Susesno pun meminta masyarakat waspada, karena cuaca ekstream rawan terjadi banjir maupun tanah longsor.

Apalagi 85 persen wilayah Balikpapan merupakan perbukitan sehingga ketika turun hujan dengan intensitas tinggi maka sangat rawan terjadi longsor khususnya warga yang tinggal kemiringan tanahnya tinggi.

“Kawasan yang perlu diwaspadai seperti Kelurahan Prapatan, Gunung Sari, Karang Rejo, Telaga Sari, Gunung Samarinda, Batu Ampar, Baru Ulu, Baru Ilir dan Baru Tengah. Apabila ada tali aliran air yang liar atau tak terkendali seger diwaspadai,” ujarnya.

BPBD Balikpapan pun telah menyiagakan personilnya 24 jam di lima pos untuk memberikan bantuan, jika terjadi bencana/ Tak hanya personil BPBD, tim SAR pun juga siaga dan tim lainnya.

“Warga yang perlu bantuan segera hubungi tim BPBD, kami siap bantu,” ujarnya.

Sementara Kepala Seksi Data Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan Abdul Haris mengatakan, curah hujan dengan intensitas yang tinggi disertai angin kencang tersebut, ikut dipengaruhi fenomena la nina.

“Hujan kita perkirakan hingga akhir Desember, ada kemungkinan lanjut ke Januari bersamaan dengan itu juga fenomena la nina masih berlangsung,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Tekan Banjir, Suryanto Minta Perijinan Selektif Keluarkan Ijin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.