Dana Operasional RT Naik Jadi Rp750 Ribu

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com,—Pemerintah kota  Balikpapan  menaikkan keinginan pengurus RT agar ada peningkatan dana operasional (DO) RT.  Kenaikan ini diharapkan menjadi angin segar bagi seluruh Ketua RT di Balikpapan sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik di tahun mendatang.

“ Nanti DO RT  kita dinaikan menjadi Rp 750 ribu perbulan. Sebelumnya DO untuk Ketua RT hanya dianggarkan Rp 500 ribu perbulan.  Ini bukan janji atau iming-iming, tapi akan kita realisasikan,” kata Walikota Balikpapan, Rizal Effendi SE.

Dana operasional RT dibayarkan  setiap tiga bulan sekali. Tidak hanya RT, DO untuk guru ngaji pun naik, dari Rp 150 ribu menjadi Rp 300 ribu.” Ya untuk guru TPA anak kenaikan jadi Rp300 ribu,” ujarnya.

Rizal mengatakan, kenaikan tersebut sudah rasional sesuai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan pada tahun 2016. Kenaikan DO RT ini mendapat tanggapan. Meski naik namun nilainya masih terasa kurang. Ketua RT 1 Keluarahan Telaga Sari Kecamatan Balikpapan Kota Bayu Cakranigrum mengatakan, dengan kenaikan uang DO RT Rp 250 ribu itu dinilai kurang layak. Kata dia, layaknya kenaikan DO RT itu sebesar Rp 1 juta.

Kenaikan itu disambut baik Ketua RT 7 Keluarahan Sumber Rejo Balikpapan Tengah Rahmad Lubis . “Berarti pemernitah sudah ada perhatian karena RT itu ujung tombak pemerintah, nantinya mudah-mudahan keaktifan RT lebih ditingkatkan lagi untuk memajukan lingkungnnya,” ucapnya.

Meksi naik, menurut Lubis, sebenarnya kenaikan DO RT yang diberlakukan bulan depan itu tidak mencukupi untuk memajukan lingkungan RT. “Kalau memang benar-benar dibutuhkan untuk kemajuan lingkungan, itu sangat tidak cukup. Tapi kan persoalan sekarang, ada RT yang hanya sebatas penyalur surat pengantar untuk warganya, tidak memiliki inisiatif untuk memajukan lingkungannya,” pungkasnya. ( Andi A)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.