Kepala Satpol PP Balikpapan Zulkifli

Dari 1.661 Kasus Aktif Covid-19, Belum Ada Zona Merah di RT

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jumlah kasus aktif covid-19 atau yang sedang dakam perawatan mencapai 1.661 orang hingga Rabu (17/02) kemarin, namun belum ada RT yang masuk zona merah.

“Sampai saat ini kita belum ada yang zona merah, yang ada zona orange 5 RT,” ujar Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli kepada awak media, Kamis (18/02).

Lima RT yang masuk zona orange tersebut yakni dua RT di Kelurahan Manggar, satu RT di Kelurahan Damai Bahagia dan satu RT Kelurahan Gunung Bahagia. “Saya gak hapal semua” ujarnya.

Namun kata di, zonasi tersebut, akan berubah tergantung ditemukannya kasus positif di RT. Kelurahan diberikan kewenangan untuk menentukan zonasi dimasing-masing RT.

“Bakal berubah terus, karena dinamis. Untuk zonasi sesuai pentunjuk yang ditetapkan oleh Satgas Covid-19 Pusat bahwa kewenangan untuk zonasi diserahkan kepada lurah,” ujarnya’

“Karena dia sangat dinamis bisa saja hari ini hijau, besok sudah jadi kuning, atau hari ini orange bisa meningkat jadi merah,”

Menurutnya, penetapan zonasi sesuai penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM skala mikro tersebut, sebagai dasar untuk mengambil tindakkan ditingkat RT.

“Sehingga supaya cepat tindakkannya, Karena zonasi itu menetukan tindakkan apa yang dilakukan terhadap lingkungan setempat. Datanya tetap satu minggu terakhir,” ujarnya

“Tapi lurah silahkan menyesuaikan, untuk tindakkan pengendaliannya. Artinya kalau zona hijau tindakkan pada pencegahan, jangan sampai ada kasus covid-19.”

Jumlah positif covid-19 mencapai 12.022 kasus dengan 440 kematian dan 10.021 pasien sembuh. Tertinggi di Kecamatan Balikpapan Utara 367  kasus positif aktif, dan Balikpapan Selatan 336 kasus.

Comments

comments

About glen

Check Also

Gubernur Kaltim Keluarkan Instruksi Nomor 2 Tahun 2021 Perpanjang PPKM Mikro

SAMARINDA,Inibalikpapan.com – Gubernur Kaltim menerbitkan Instruksi Nomor 2 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.