Diinisiasi Cakep Balikpapan, Ratusan Pelajar Gelar Gerakan Cinta Pantai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sekitar 80 sekolah Adiwiyata dari tingkat SD hingga SMA melakukan aksi bersih-bersih pantau Kilang Mandiri atau gerakan cinta pantai, (27/1/2018).

Aksi sosial yang digarap Komunitas Cita Rasa Kebaikan Pelajar (Cakep) Balikpapan. Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan dan Green Generation (GG), komunitas pemuda Balikpapan mengajak generasi muda untuk cinta pada kebersihan terhadap lingkungan.

HRD Cakep Balikpapan Siti Nurlaila Indriani mengatakan gerakan cinta pantai bentuk kontribusi pelajar yang harus dibangun secara bersama-sama untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan sekitar.

Lanjutnya gerakan cinta pantai ini, disiapkan sepekan lalu bersama DLH karena pentingnya keterlibatan anak muda.

Nurlaila yang juga mahasiswi Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University, Australia ini membeberkan bahwa Cakep Balikpapan bersama sekolah Adiwiyata telah melakukan MoU aksi bersih-besih lingkungan dalam kurun waktu setahun ke depan.

“Nanti akan ada program lagi apakah ada gerakan cinta pantai atau kebersihan lainnya, itu akan kami bahas lebih lanjut,” terangnya.

Gerakan cinta pantai Balikpapan yang didominasi pelajar SD, antusias terlibat membersihkan pantai Kilang Mandiri Balikpapan.

“Ini salah satu langkah kami untuk memberikan edukasi dan motivasi tehadap anak-anak agar mereka peka terhadap kebersihan lingkungan. Tentu ini juga sebagai bentuk sumbangsi terhadap Kota Balikpapan,” ucapnya.

“Jadi anak-anak bersama guru-gurunya membersihkan pantai lalu Cakep sebagai fasilitator ikut mendampinginya. Kami menjaga keamanan anak-anak itu jangan sampai bermain di pantai dan lain sebagainya,” sambungnya.

Sementara itu, Kabid Penataan Hukum dan Peningkatan Kapasitas DLH Balikpapan Syukur Effendi menambahkan, gerakan cinta pantai itu dalam rangka mengedukasi para pejalar Balikpapan.

Menurutnya, sekolah adiwiyata harus penduli dan mencintai lingkungan.

“Dan ini kami berkeja sama dengan beberapa komunitas dan Alhamdulillah banyak komunitas yang pedul terhadap lingkungan salah satunya komunitas Cakep ini sangat pedului dengan lingkungan,” ujarnya.

Baca juga ini :  Kaltim akan Belajar dengan Jakarta Jika Penerapan PSBB

Menurut Syukur setidaknya ada 249 sekolah adiwiyata di Balikpapan. Tahun ini pihaknya pemproyeksikan 70 sekolah akan mengikuti Adiwiya di tingkat Provinsi Kaltim hingga di tingkat nasional.

“Alhamudlillah, Balikpapan paling banyak yang mengikuti sekolah Adiwiyata di Kaltim di 2018 tahun ini. Tahun lalu (2017), hanya 18 sekolah adiwiyata yang ikut di tingkat provinsi, tahun ini sangat banyak yang ikuti mencapai 70 sekolah,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.