Home / iniFLASH / Gaet Pemilih Pemula, KPU Balikpapan Mulai Gencar Sosialisasi ke Sekolah
Noor Toha

Gaet Pemilih Pemula, KPU Balikpapan Mulai Gencar Sosialisasi ke Sekolah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Mulai Desember 2019 hingga Januari 2020 KPU Kota Balikpapan gencar sosialisasi pemilihan kepala daerah (pilkada) khususnya untuk menjaring pemilih pemula ke sekolah-sekolah khususnya SMA maupun SMK sederajat

“Yang dilakukan KPU dalam waktu dekat, bulan Desember sampai Januari ini, KPU konsentrasi sosialisasi ke pemilih pemula,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha (10/12/2019).

KPU Kota Balikpapan telah menyusun jadwal untuk melakukan sosialisasi ke masing-masing sekolah.  Sosialisasi yang dilakukan khususnya menyasar mereka yang telah berusia 17 tahun dan belum pernah ikut pemilu.

“Maka KPU sudah mengschedule kan seluruh SMA dan SMK di Balikpapan, kita sudah atur kita jadwalkan datangi satu-satu untuk kita menyampaikan beberapa hal terkait pemilu,” katanya.

“Apa yang disampaikan ke pemilih pemulaiitu, jadi pemilih pemula ini yang belum pernah coblos, terutama yang berusia 17 tahun,”

Kata Toha, pihaknya ingin membangun kesadaran para pemilih pemula agar menggunakan haknya sebagai warga Kota Balikpapan berpatisipasi pada pemilihan wali kota dan wakil walikota.

“Kami ingin mereka bisa menggunakan hak pilihnya. Supaya mereka kesadaran politik karena suara mereka juga cukup besar,” ujarnya

“Yang berikutnya syarat-syarat menjadi pemilih apa, tata cara menggunakan hak pilihnya bagaimana, itu yang akan kami sampaikan di sekolah-sekolah,” sambungnya.

Sementara jika ada warga yang telah memenuhi syarat namun tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT), masih tetap bisa menggunakan haknya memilih, jika memiliki KTP dan berdomisilih atau terdaftar sebagai awarga Kota Balikpapan.

“Bagaiaman kalau ada warga yang memenu syarat sebagai pemilih tapi tidak masuk DPT, maka itu boleh sepanjang dia punya KTP dan berdomisili di daerah pemilihan yaitu Kota Balikpapan,” pungkasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Senin, Pemkot Umumumkan Evaluasi Jam Malam

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com —- Kepala Pol PP Balikpapan Zulkifli membenarkan bahwa Pemkot Balikpapan kemungkinan akan tetap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.