Lambang Piala Dunia U-20 /PSSI

Hindari Tragedi Kanjuruhan Terulang, DPR Minta Piala Dunia U-20 Tak Gunakan Gas Air Mata

BALIKPAPAN, Inibalikpaan.com – Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun dan diikuti 24 negara peserta termasuk Indonesia.

Anggota Komisi X DPR RI Nuroji pun mewanti-wanti agar Tragedi Kanjuruhan yang merenggut korban jiwa tak terulang dalam perhelatan sepak bola dunia kategori kelompok usia tersebut.

Ada 6 stadion yang rencananya akan menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 . Diantara Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta dan Stadion Manahan Solo.

Lalu Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

“Sebagaimana diketahui, baru-baru ini  persepakbolaan Indonesia di mata dunia tercoreng dengan terjadinya peristiwa Kanjuruhan,” ujarnya dikutip dari laman DPR

“Syukurnya hal itu tidak mempengaruhi keputusan FIFA untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2023 mendatang,”

Dia pun berharap persiapan yang dilakukan pun harus maksimal. Dari segi infrastruktur atau fisik stadion. Namun dia melihat sejauh ini persiapan yang dilakukan pengelola stadion Manahan Solo ini cukup baik.

Hal itu salah satunya terlihat dari ventilasi udara yang sangat baik.  Sehingga pertukaran udara di lapangan dan area tribun penonton juga sangat baik. 

Bahkan pintu yang disediakan untuk keluar masuk penonton juga cukup banyak dan dengan ukuran yang cukup lebar. Sehingga hal itu meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti peristiwa Kanjuruhan beberapa waktu lalu.

Meski demikian, agar peristiwa Kanjuruhan tidak terulang, menurut Nuroji tentunya bukan hanya soal pembenahan infrastruktur stadion saja. Melainkan juga penerapan dan pelaksanaan Standard Operational Procedure (SOP) yang baik dari seluruh petugas di lapangan. 

Baca juga ini :  Telkomsel Konsisten Bangun Jaringan Hingga ke Pelosok Negeri melalui BTS Merah Putih

“Termasuk tidak menggunakan gas air mata di stadion tentunya. Ini yang juga harus diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.